Rahasia Nabi Muhammad dan Arabia

Berikut ini adalh beberapa fakta yang terjdi di dunia Arab pada masa Rasulullah.Adat istiadat masyarakat Arab yang unik tentu juga mempengaruhi dan mewarnai perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam.Uraian di bawah ini diambil dari buku biografi Muhammad karangan Barnabar Rogerson.

Unta
Unta adalah segalanya nbagi orang Arab padang pasir.Tanpa unta seorang lelaki bukanlah apa-apa,dia tidak punya status,tidak punya suara,tidak punya ambisi,tidak punya kebganggaan dan bahkan tidak punya masa depan.Pengorbanan /Penyembelihan unta menggambarkan status sosial dan dianggap dermawan.Unta juga dianggap sebagai kuda ksatria dan lori modern bagi para pedagang.
Nabi Muhammad sendiri memberikan 20 ekor unta untuk mahar pernikahanya dengan Siti Khadijah.

First Love Nabi Muhammad

Pada umur 20 tahun sebenarnya Nabi Muhammad telah jatuh cinta kepada sepupunya,Fakhita.Sepupunya yang cantik itu sering bermain bersama nabi Muhammad,sehingga kasih itu semakin besar.Namun ketika Beliau meminta kepada pamanya untuk membina perkawinan dengan Fakhita ,gadis itu telah bertunangan dengan Hubayrah,seorang pemuda dari Bani Makhzum.

Hanif Clan
Hanif adalah sebutan untuk sekelompok orang yang mencari suatu identitas agama koheren bagi dunia Arab,sebuah doktrin yang jernih untuk menggantikan banyaknya dewa dan korban darah yang diadakan disekitar kakbah.
Nabi sendiri bergabung dengan kelompok ini(sebelum menemukan Islam dan belum mendapat wahyu kenabian).
Ada empat tokoh terkenal dari kelompok Hanif ini,yaitu:

  1. ‘Ubaidillah bin Jahsy adalah sepupu Nabi Muhammad,yang akhirnya menjadi pemeluk Islam.
  2. Waraqah bin Naufal adalah sepupu khadijah yang secra khusus mempelajari agama Kristen.
  3. Ustman Al-Huwairits ,mengikuti jalur Kristen seperti Waraqah.Namun akhirnya ia pindah ke Konstantinoipel dan memeluk Kristen.
  4. Zaid bin ‘Amir adalah seorang pejuang hanif yang menetang keyakinan pagan tradisional masyarakat Arab.Dia dibunuh dalam pencarianya menuju kebenaran.
Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di religia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s