Langkah Mudah Punya BLOG

yang enggak bisa programming, tetap dijamin bisa bikin Blog sendiri.Soalnya ada cara gampang punya blog. Ikuti deh petunjuk berikut ini.

Ada beberapa cara buat memilikiBlog.
Pertama, pakai engine yang sudah ada seperti blogger.Kita tinggal edit sedikit,menyesuaikan layoutnya.Engine ini ada yang gratis dan ada juga yang bayar.Yang bayar fasilitasnya lebih lengkap dan bebas iklan.Bahkan ada yang menawarkan kita bisa dapat uangh tiap ada pengunjung yang membaca situs kita.

Kedua,Install sendiri.Untuk install ini script-nya yang gratis juga banyak.Tapi harus punya webserver yang bisa menjalankan Script,seperti PHP,atau CGI dan juga Database.Blog script bisa di-download di http://www.hotscripts.com/PHP/Scripts_and_programs/Blog/index.html. Kita memang harus repot-repot tahu tentang kode HTML.

Ketiga,bikin sendiri.Ini butuh waktudan keahlian khusus (buat yang suka programming0. Kita juga perlu menghubungi perusahaan penyedia jasa web-hosting misal Citraweb,server.or.id,indo-web, dan lain-lain. Nanti kita bakal dapat Contract Administrator, dan dikasih ftp password. Ini gunanya untuk login saat kita ingin kirim file ke hosting kita.

tapi sebagai pemula,kita konsen ke cara yang pertama dulu (biar gampang jek!). Bagaimana cara bikin Blog yang mudah dan gratis.
1.masuk ke Blogger.com,lalu masuk ke bagian Start Now!
nantiakan muncul create an google account
2.Isikan data diri.Username bakal jadi nama depan.Misal miiko.blogspot.com yang diisikan adalah miiki.lengkapi first name dan last name, e-mail address sampai ke Word Verification.
3.Setelah mengisi semua form check tombol yang aqda tulisan I accept the terms of service.
4.Klik sign in atau continue
Catatan:jika proses tahap pertama ini sudah kita lengkapi,tapi kemudian timbul tulisan : Sorry this username is not available, itu artinya username kita sudah dupakai oleh orang lain.Jadi isilah dengan nama lain, sampai belum ada yang punya (kayak bikin nama e-mail saja).
5.lalu setelah itu akan masuk ke step berikutnya, name blog.
masukan judul Blog,lalu blog address, dan isilah word ferivication yang diberikan
contoh; dalam blog ini judulnya adalah Pai’s Blog sedangkan addressnya adalah http://pai101010.blogspot.com.
6. Klik Continue
7.lalu masuk ke step berikutnya choose a template.Pilih salah satu template yang kamu sukai.Nantinya template ini bisa kamu rubah atur sendiri sesuai keinginanmu…
8.Llu klik Start Blogging.
KITA SUDAH PUNYA BLOG
ngisinya gimana?
1.)masuk ke Dasboard.Biasanya saat pertma log in kita akan menuju halaman ini.
2.)Klik tombolnew Post.
3.) akan ada halaman untuk membuat judul dan tulisan.
isikan judul pada kolom title. dan dibawahnya akan ada halaman kosong untuk kamu isi dengan uraian.
4.) Gunakan fasilitas yang tertera di atas halaman kerja, seperti bold, italic dan link
5.)Klik tombol publish post.dan tulisan kita sudah beredar di dunia maya….Hehehehe…
Kamu bisa menyimpan file yang kamu tulis (save as draft) jika tulisan itu nggak mau kamu tampilkan saat it.Untuk mengedit tulisan klik simbol pensil di pojok kanan postingan,dan… kamu akan dikembalikan ke halaman kerja yang udah terisi postinganmulalu tinggal edit deh!.

Catatan:Di pojok kanan dashboard ada tulisan create a Blog, link itu bisa kita klik untuk emungkinkan kita membuat blog lainya.. karena Blogger memungkinkan seseorang memiliki lebih dari satu blog.

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di INFO. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s