Melatih Anak Berpuasa

Sebentar lagi bulan puasa tiba. Kita patut berbahagia guna menyambutnya. Tapi bagi para orangtua yang punya anak pasti ada sedikit rasa khawatir guna mengajak anaknya berpuasa. Bisa saja si anak menolak, nakal, rewel dsb.

Maka dari itu saya memberi beberapa tips yang bisa diterapkan para orangtua guna melatih puasa anak. Berikut ini tipsnya

1. Pada waktu makan sahur

Bangun pada pukul tiga dini hari bukan perkara mudah bagi anak kecil. Sehingga para orang tua harus lebih sabar dalam membangunkanya. Tak perlu emosi dan marah. Buatlah suasana rumah menyenangkan. misalnya dengan lantunan ayat suci AL-Quran, nasyid, maupun lagu anak-anak, termasuk menikmati acara televisi. Untuk menu makanan, pilihlah yang praktis namun cukup kalori. Susu, telur, dan roti misalnya, pilihan yang sering disukai anak-anak, tidak memerlukan waktu lama untuk memakanya, namun mampu memenuhi kebutuhan kesehatan dan kekuatan tubuh.

2.Tahapan Berbuka

Jika anak belum berpengalaman puasa, kemudian minta berbuka kapan saja, maka izinkanlah. Namun setelah itu, berilah anak pengertian dan motivasi agar kemampuan puasanya semakin ditingkatkan. Jangan lupa mengikutsertakan anak saat berbuka, walau telah berbuka sebelumnya. Saat berbuka bisa menjadi ‘peristiwa rohani’ yang membahagiakan anak.

3. Pengkondisian Lingkungan

Selama latihan orangtua perlu menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung., baik di keluarga maupun sekolah. Bagaimanapun, pengaruh lingkungan sekolah dan teman seusianya akan memotivasi anak untuk meningkatkan  waktu (lamanya) puasa. Kegembiraan saat  buka bersama atau makan sahur bersama, memberikan suasana yang lain pada diri anak. Karena biasanya pada saat berbuka dan sahur seluruh anggota keluarga berkumpul dan bergembira bersama.

4. Memberi Hadiah Tanda Penghargaan

memberi hadiah kepada anak atas perjuangan mereka berpuasa juga bisa menambah motivasi. Hadiah tidak perlu mahal atau berbentuk benda, karena pujian pun bisa menjadi hadiah yang istimewa buat anak. Kalaupun anda memberi hadiah berupa uang jangan lupa pesankan agar uangnya untuk beli makanan buka puasa besok, atau untuk perlengkapan mengajinya.

Source:Majalah Al-Falah

 

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di religia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s