Komik Indie, Komik Gue

Akhir-akhir ini gue mulai suka bikin komik cuma buat memuaskan hasrat pemberontak saya. Kenapa gue milih komik sebagai media protes?. Sebab menurut gue komik punya banyak potensi berkaitan dnegan masalah-masalah kehidupan sheari-hari. Melalui komik kita bisa menyalurkan kritik dan perasaan kita. Contoh komik seperti ini bisa anda lihat di banyak media masa. Saya akui kelemahan saya dan mungkin sekaligus kelebihan saya adalah gambar saya yang jelek. Tapi toh dengan mengusung pakem indie, saya justru bangga dengan hasil yang jelek itu.

Namun komik Indie bukan sekedar berisi protes saja. Ini juga berkaitan dengan “pemberontakan” melawan penerbitan yang notabene mengutamakan profit dan materi belaka. Bisa kita lihat banyak sekali komikus yang sudah bisa menggambar dengan bagus harus menyerah dan tunduk pada penguasa tunggal,Industri percetakan. Ya! alasan para komikus itu tentu saja supaya dapat uang. Untuk menghidupi diri sendiri. Komikus seperti ini adalah komikus yang tak punya identitas, karena segala segi seni dan karyanya sudah diatur oleh percetakan.

Komik indie, harusnya jugamemiliki keindian dari segi kreatifitas ide, gagasan, produksi dan distribusi. Dengan semangat itu, komik indie telah mampu lahir di manapun dan kapanpun. Semangat keindian mampu melahirkan banyak galeri dadakan. Galeri macam warung kopi, kantin, pinggir jalan, tembok-tembok usang dan bahkan kaus sablon telah menjadi tempat komik indie berada. Tempat-tempat yang mungkin tak bisa jadi galeri buat “komik insudtri” justru ditempati komik indie. SEKALI LAGI KITA MELAWAN!!!

Kita melawan sebab tak da pilihan lain yang mampu diusung komik indie. Inilah takdir komik indie, ditakdirkan untuk melawan. Dengan caranya sendiri.

Akhirnya utuk semua kawan-kawan pegiat komik indie, mari kita teruskan perjuangan.

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Komik Indie, Komik Gue

  1. wahyudiarta berkata:

    dan semua tak kan tersisa sedikitpun tanpa sebuah karya….

  2. PAI berkata:

    Yap! dan itu kewajiban kita bersama untuk melawan gempuran komik luar..
    Soal karya gue emang belum mahir2 amat hehehe

  3. wahyudiarta berkata:

    kalo dah jadi..kasih lihat saya yah…

Tinggalkan Balasan

