Jiwa dari Amal Adalah Ikhlas

“Amal Perbuatan itu bagaikan patung yag tegak, dan ruh(jiwa)nya amal adalah terdapatnya rahasia ikhlas (ketulusan) dalam amal perbuatan itu.”

amal perbuatan anusia itu ibarat patung(arca) yang berdiri tegak, artinya tidak memberi manfaat apa-apa. ia bisa hidup bila diisi oleh ruh(jiwa) dari amal tersebut yaitu sifat ikhlas. Jadi bila kita beramal dengan rasa ikhlas berarti amal kita itu hidup, maksudnya bisa meningkatkan dan mengemangkan imanya, bisa menjadikan orag yang beramal semakin dekat di sisi Allah. Sebaliknya bila beramal tanpa keikhlasan maka amal tersebut tidak bisa meningkatkan keimaan dan tiadk isa mendekatkan diri kepada Allah.

Naik turunya iman seseorang itu ada tandanya sebagaimana yang didisyaratkan dalam hadist Nabi SAW:

“Barang siapa yang gembira saat berbuat kebajikan dan bersusah hati dlam berbuat kejelekan, maka dia adalah orang mukmin”

Rasulullah juga bersabda: “Sebagian tanda bagusnya islam seseorang adalah ditinggalkanya sesuatu yang tidak bermanfaat”

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di religia. Tandai permalink.

2 Balasan ke Jiwa dari Amal Adalah Ikhlas

  1. nopha kartika berkata:

    saya masih belajar untuk bisa ikhlas dalam segala hal,karena kalau kita bisa ikhlas berarti kita percaya bahwa segala sesuatu sudah garisan dari yang kuasa Allah SWT.

  2. PAI berkata:

    begitu juga saya. Terkadang memang keikhlasan datang seperti tak diundang, di lain waktu tak ada keihlasan blas. ya itu mungkin karena kadar keimanan kita selalu naik-turun. Tapi kalau kita mau meningkatkan kadar keimanan kita Insyaallah kita bisa terus ikhlas. 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s