Beladiri Bikin Bugar!!

Seni beladiri sebenarnya bukan untuk pertahanan diri semata, tapi juga bisa untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Di bawah ini beberapa macam bekladiri yang bisa loe pilih untuk melupakan stress atau rutinitas pekerjaan:

Taekwondo

Taekwondo berasal dari  Do(seni), Tae(kaki), dan Kwon(Kepalan tangan atau tinju). Seni beladiri ini dikembangkan di Korea sejak beberapa dekade lalu, yang mempunyai ciri khas berupa tendangan dan pukulan yang cepat dan bertenaga.

Meskipun dapat diikuti oleh segala usia, Taekwondo lebih cocok untuk remaja, dewasa, atau mereka yang memiliki fisik kuat. Mereka yang “dari sononya” sudah gesit, biasanya lebi menyukai seni beladiri ini. Pada tingkatan yang lebih tionggi Taekwondo mengajarkan gerakan yang lebih lembut berupa gerakan “mengunci” dan “menahan”. Gerakan lembut ini sekaligus meruntuhkan anggapan bahwa Taekwondo adalah seni beladiri yang keras dan hanya mengandalkan tendamngan.

Seperti beladiri yang lainya Taekwondo juga mengajarkan kedisiplinan. Selain melatih kesabaran, ketekunan, dan keuletan. Semua itu memberikan manfaat bagi pembuluh darah jantung disamping kekuatan otot. Dengan berlatih secara disiplin dan teratur, kekuatan fisik sekaligus ketenangan jiwa akan diperoleh.

Catatan Penting!!

Cedera pada ruas jari, persendian, atau bagian tubuh lain dapat menyebabkan nyeri sendi di masa mendatang. Untuk mengantisipasi, diperlukan gerakan pemanasan, peregangan dan gerakan-gerakan senam seblum latihan dimulai. Mereka yang memiliki gangguan otot atau persendian harus melakukan latihan secara bertahap untuk ,menghindari resiko cedera.

Kungfu

Ada banyak aliran kungfu yang berasal dari kuil daratan China. Pada umunya, kungfu menekankan gerakan kuda-kuda sehingga  sebagian besar latihan ditujukan pada tungkai  dan tubuh bagian bawah. Aliran kungfu  Cai Li Fo (CLF) misalnya, mempunya ciri berupa gerkan tangan dan kaki secara cepat sehingga membutuhkan koordinasi yang baik utnuk melakukanya.

Kungfu dapat meningkatkan kecepatan, tenaga, dan kekuatan otot, dengan melakukan gerakan kombinasi yang meliputi gerakan kuda-kuda, isometrik dan senam. Gerakan-gerakan di atas akan menyehatkan jantung dan pebuluh. Sedangkan tingkat mahir latihan pernafasan berguna  untuk memperoleh relaksasi. Kungfu ideal untuk mereka yang berusia muda, baik pria maupun wanita.

Catatan Penting!!

Mereka yang memiliki masalah dengan sendi atau otot  sebaiknya melakukan latihan kungfu dengan hati-hati dan bertahap.

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke Beladiri Bikin Bugar!!

  1. putrijeruk berkata:

    kalo udah seumuran aku masih bisa ikut ga ya? lagi gemes dan stress akut nih..
    asik kali ya bisa latian nendang2 hihihi #kidding :p

  2. saya senang mengikuti olahraga bela diri ini semenjak madrasah tsanawiyah (SLTP), dengannya memang badan menjadi bugar….

  3. Mas, saya singgah lagi untuk mengabarkan kalau saya sedang mengadakan giveaway betapa senangnya ngeblog, ikutan ya…. Info selengkapnya silakan dilihat di blog saya. Makasih…..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s