Mutiara Hikmah Abul Qasim Al-Junaid

Salah satu tokoh sufi yang namanya masyur di belantara dunia adalah Abul Qasim Al-Junaidi

Nama  lengkapnya  ialah  Abul Qasim Al-Junaidi Bin Muhammad Al-Khazzaz An -Nahawandi. Ayah beliau seorang pedagang. Beliau keponakan sirri As-Saqathi, seorang  ahli Tasawuf ternama. Beliau menunaikan ibadah haji pada umur 7 tahun. Beliau wafat pada 297 H di Bagdad.

1.Ketaatan itu  mempercepat sampainya berita gembira sesuai dengan apa yang telah  ditakdirkan-Nya dan begitu pula kemaksiatan.

2.Sesungguhnya Allah akan memberikan balasan kepada hamba-Nya di akhir apa  yang telah dikerjakan oleh hamba-Nya pada permulaan. Dia telah memulai kepada mereka dengan kemuliaan, memerintahkan mereka dengan kasih saying, menyediakan balasan keutamaan (Pahala), Menambah mereka dengan kemuliaan. Sehingga barangsiapa yang menyaksikan Kebaikan-Nya yang kekal, maka ia akan dimudahkan oleh Allah untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya. Dan barangsiapa telah menerima perintah-perintah-Nya, maka  akan menemukan janji-janji pahala-Nya. Dan barangsiapa yang telah memperoleh janji-janji-Nya, maka tentulah Allah akan menambah untuknya keutamaan.

3. Makrifat (mengenal Allah ) itu ada dua macam, yaitu:

a.Ma’rifat Ta’arruf

b. Ma’rifat Ta’rif

Ma’rifat Ta’arruf artinya bahwa Allah mengenakan diri-Nya pada orang-orang dan orang-orang akan mengetahui sesuatu karena diri-Nya.

Adapun Ma’rifat Ta’rif ialah: Bahwa Allah mengenakan diri-Nya melalui pengaruh-pengaruh kekuasaan-Nya (Ciptaan-ciptaan-Nya) disetiap kejadian yang berada di  dalam  alam atau pada diri manusia itu sendiri. Kemudian menjadikan orang-orang mertasa dirinya lemah, menunjukan kepada mereka, bahwa sesuatu itu ada penciptaanya.

4. ma’rifat ialah adanya kebodohan  Pada dirimu ketika berkembangnya ilmu.

 

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Tasawuf/Sufi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s