DHUHA, Shalat Penarik Rezeki

Alhamdulillah gue bersyukur banget! sebab baru-baru ini tempat kerja gue bikin kebijakan baru buat ngadain Sholat Dhuha sebelum jam kerja dimulai. Jadi kalo Seruan sholat dhuha udah dikoar-koarkan gue buru-buru ke Masjid.

Gue punya cerita Soal Sholat Dhuha ini,

“Setiap pagi Al-Maghfur lah Al-Habib Ja,far bin Syaikhon Assegaf Pasuruan, berjalan dari rumahnya ke pondok Pesantren Salafiyah. Untuk menemui dua sahabat karibnya, KH. Muhammad bin Yasin (Pengasuh PP Salafiyah) dan KH.Achmad Qusyairi, yang tinggal di kompleks Pesantren tersebut. Kok gue bisa kenal?? Karena gue belajar dari pengalaman beliau semua itu, jadii.. bisa dibilang beliau-beliau adalah guru saya, hehehee :-p

Nah! Suatu pagi Sesudah bercengkrama denganย  Kiai Achmad, beliau bertandang ke rumah Kiai Muhammad. Di sana beliau mendapati tuan rumah sedang melaksanakan shlat Dhuha. Habib Ja’far berteriak menggoda.

“Kiai Muhammad!! sudah kayak kok sholat Dhuha?!”

Kiai Muhammad memang kaya, dia memiliki banyak rumah di sekitar alun-alun kota. Tetapi kata-kata Habib Ja’far yang terkenal humoris ituadalah murni guyonan alias canda. Tidak sungguhan.
Dia tidak sungguh-sungguh mencela, sebab seberapa kaya pun seseorang, dia tetap perlu dan butuh pada sholat dhuha.

Emang sih salah satu khasiat Sholat Dhuha adalah menarik rezeki, hal ini sudah menjadi rahasia umum. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

“Shalat Dhuha dapat menarik Rezeki dan menghilangkan kefakiran.”

Seperti pelaksanaan Sholat Dhuha di tempat kerja gue, kebanyakan orang islam melaksanakan sholat dhuha memang saat sebelum bekerja, atau mungkin disela istirahat kerja. Ini seolah mengaitkan antara sholat dhuha dan Rezeki yang sedang kita cari lewat bekerja.

Shalat Dhuha Sebenarnya memiliki sirr atau rahasia hikmah yang besar sekali. Jadi nggak cuman menarik Rezeki, tapi juga untuk keuntungan ukhrawi (akhirat). Selain menarik rezeki, konon sholat dhuha juga bikin wajah kita awet muda dan tampak bercahaya. Wuih! bener nggak tuh?! yaa.. wallahualam.

Dari sisi fiqih shalat dhuha tergolong ibadah muakkadah, artinya ibadah yang kuat banget kesunnahanya. Saking pentingnya nih, Nabi Muhammad sampai menganjurkan sholat Dhuha pada para Sahabatnya. Seperti yang dituturkan Abu Hurairah:

Kawan karibku (Rasulullah)SAW, Berpesan tiga hal: Untuk berpuasa tiga hari pada tiap-tiap bulan, Untuk menjalankan dua rakaat sholat Dhuha, dan untuk mengamalkan shalat Witir sebelum tidur.”(Riwayat Bukhari & Muslim).

Nabi Muhammad juga menyebutkan kalau Shalat Dhuha adalah sholat para pentobat (awwabin), Beliau bersabda:

“Tidak akan melakukan shalat Dhuha secara ajek kecuali pentobat”

Dan sebagai shalat pentobat, maka sholat Dhuha ampuh banget buat menghapus dosa-dosa kita. Sabda rasulullah SAW:

“Barangsiapa menjaga(pelaksanaan) genapnya shalat dhuha, dosa-dosanya akan diampuni walaupun sebanyak buih di lautan”.

Nah loh? kalo buih di ember dikasih detergen aja udah banyak gitu apalagi di laut yang keadaanya bergerak terus… ๐Ÿ™‚

Doa Seusai Dhuha,

Selesai sholat Dhuha, bacalah do’a seusai sholat dhuha. Sesudah mengucap basmalah, hamdalah, dan shalawat. Bacalah

“Ya Allah.., sungguh waktu dhuha adalah dhuha-Mu,

Kemegahan (Sejati) itu adalah kemegahan-Mu,

Keindahan (Sejati) adalah keindahan-Mu,

Kekuatan (sejati)adalah kekuatan-Mu,

Kekuasaan (sejati) adalah kekuasaan-Mu, dan

perlindungan (hakiki) ialah perlindungan-Mu,

Ya Allah jika rezekiku ada di langit, turunkanlah,

Jika ada di bumi keluarkanlah,

jika sulit mudahkanlah,
ย dan

Jika berupa rezeki yang haram, bersihkanlah,

Dengan barokah Dhuha-Mu, kemegahan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, wahai Dzat yang paling pengasih diantara para pengasih.”

Dan jangan lupa mengakhiri do,a dengan shalawat dan hamdalah.

๐Ÿ™‚

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Harian. Tandai permalink.

5 Balasan ke DHUHA, Shalat Penarik Rezeki

  1. IFAN JAYADI berkata:

    Mudah2an kedepannya aku bisa melaksanakan sholat Dhuha.

  2. Eko Wardoyo berkata:

    subhanallah – sudah mulai jarang shalat dhuha nich ๐Ÿ˜ฆ —- mulai lagi achhhh ๐Ÿ™‚ ” S E M A N G A T ”
    barakallahu fikum

  3. Ramdani Dani berkata:

    bagus sekali untuk di coba dan di tiru…..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s