Laut Okinawa yang indaaahhhh… bgt

teluk-okinawa

Sebagai anak bangsa tentunya gue bakal membalas perlakuan buruk penjajahan di masa lalu. Terutama penjajahan oleh bangsa Jepang. Minimal gue bisa nginjak (tanah) Jepang atau syukur-syukur kawin ama cewek Jepang.Hehehe :-p

Jepang adalah salah satu negara yang gue favoritkan. Why!!??? Mungkin karena jepang itu rumit tapi indah. Loe bisa ambil contoh jalur kereta di Jepang. Ya! Anda pasti akan muyeng seumur hidup kalo disuruh menghafal jalur-jalurnya. Tapi ya itu… Kereta api di sana sangat nyaman. (maaf buat indonesia) Di Jepang tidak ada yang namanya desek-desekan, himpit-himpitan apalagi mesum-mesuman atau pun copet-mencopet. Begtu anda masuk kereta anda akan merasa berada dalam hidup anda seorang diri. Tidak ada orang saling bicara, tak ada yang bergerak seenaknya mengganggu orang lain. Semua diam, kebanyakan membaca buku.

“#*;#6+*;&??” Ah! Rupanya kondektur lagi ngomong nggak jelas.

“Iya Sir. Sorry Aiyam from Indonesia Ikan not bahasa Nippon!”

“Oh! Sorido rimori. Maksdu ai you mau ke mana??”

“aiyam going to Okinawa..”

“Aaahh.. OKINAWAA.. A beautiful seaa..”

Nah kan denger kan kondekturnya bilang apa soal Okinawa?!. Yap! Okinawa merupakan daerah di Jepang yang memiliki keindahan laut yang menawan. Propinsi Okinawa terletak jauh di sebelah barat daya sepang. Merupakan rangkaian pulau yang terdiri dari beberapa pulau, dan yang paling terkenal adalah Okinawa, Miyako, dan Yaeyama. Rangkaian kepulauan ini disebut Kepulauan Ryukyu (lucu ya! :p).Banyak hal ditawarkan laut okinawa dan keindahannya mengagumkan.

okinawa

Karena begitu indahnya laut, maka ada kata khusus(dalam bahasa lokal sana) untuk “laut”,Chura umi. Nah.. Laut di Okinawa itu terpengaruh oleh arus Kuroshio. Yaitu arus dari samudra pasifik, mengalir dari arah selatan. Arus itu membawa aliran air hangat, nah! Jadinya hal itu punya pengaruh juga pada keanekaragaman hayati di lautan Okinawa.Di laut Okinawa banyak sekali spesies terumbu karang, koral dan batu karang koral. Lalu Apa bedanya Koral dan batu karang koral??. Kalau koral itu makhluk tumbuhan air yang masih hidup. Nah kalau Batu Karang koral adalah bebatuan hasil endapan koral yang udah mati (yaa namanya juga batu! -.-) selain koral dan batu tadi, hewan-hewan airnya ada Ikan Bonito(kayak merek obat :-p ), ikan Tuna, Ikan Pari, Bahkan hiu Paus. Wuiihh.. Bahkan menurut info yang gue dapat nih! Di sana tiap tahun ditemukan spesies baru. (coba laut Indonesia terjaga pasti bisa ngalahi Okinawa 😦 ).

Laut di Okinawa punya sekitar 200 spesies Koral dan 1000 spesies ikan. Wow! Di Okinawa ada loh akuarium raksasa. Bukan akuarium di darat, tapi di dasar laut! Wuih.. Plok.plok.plok.. Jadi soelah kita ada di dasar laut. Eh!? Jadi kalo biasanya kita naruh ikan di akuarium dan kita liatin.

okinawa churaumi aquarium japan 2Di sana beda! Kita yang dipindahin ke bawah laut dan diliatin ikan. Nama akuariumnya Akuarium Churaumi Okinawa. Mohon doanya supaya kapan-kapan bisa ke sana. Gue ber-nadzar(bersumpah) kalo gue bisa ke sana gue mau benturin kepala gue ke kaca akuariumnya. Perlu diketahui teman-teman bahwa kaca akuarium Churaumi itu tebalnya sekitar 60 cm, (:-( bukannya kaca yang pecah bisa-bisa kepala gue yang pecah, wekekekk).

hiu macan japan aquarium

Gue juga mau ke pasar tradisionalnya di sana. Soalnya mau borong semua ikan di sana. Ada yang namanya ikan Aigo, kalo di sini kayak ikan gereh(dalam bahasa Jawa) yang diawetkan dengan air garam dan dikemas di Stoples, harganya ada yang 1000 yen, ada yang 2 ribu yen. Ada ular kering juga. Hehehe buat apa coba!!?? Ternyata buat kaldu sup. Wuaaa GUBRAKK!!

oke deh teman-teman sekian laporan intelijen saya di Okinawa. Sialan bener!!! kenapa bukan gue aja yang ke sana(lha?! Kan gue bosnya??) ini malah anak buah yang dikirim. Haahhh.. doain aja ya gue secepatnya bisa ke sana. Hehehe.. :-p

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di INFO dan tag , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Laut Okinawa yang indaaahhhh… bgt

  1. tuaffi berkata:

    aminn.. segera kesana ya. ditunggu oleh2nya. heheh 😀

  2. Ika Koentjoro berkata:

    Lautnya bagus banget. Ini juga bikin ngiler. Ndak perlu jauh2 ke Eropa 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s