Dipilih..dipilih.. Calon Suami Ideal..

Sebenarnya postingan ini udah gue tulis Jumat tanggal 22 Maret kemarin hanya saja belum sempet gue post. Dan karena gue juga belum ada postingan untuk hari ini. Yaa.. gue pos sekarang aja!

Berhubung hari ini hari Jum’at. Okelah! Ada baiknya saya sekali-kali jadi ustad (bweh!:-o) *lari ambil costum arabian. Gue nggak akan kapok buat dakwah (online) pake baju busana Muslim. padahal sekalinya pake langsung diteriaki “Aliran pesat..aliran pesat!”.

Sebenarnya tulisan ini gue tulis karena jodoh nggak datang-datang. Sorri jama’ah! Bukan gue tapi temen gue Bu Gendis. Ya! Udah 300 tahun belum dapat jodoh. Kalo dipikir-pikir memang sejak imperium Napoleon bonapartai (dan jelas bukan partai demokrat!) dia nge-jomblo. Sebelum Khutbah marilah kita doaka biar dia cepetttt banget dapat jodoh dan lebih cepet lagi buat punya baby! Hehehe

Sejak kemarin dia musuhan sama gue. soalnya gue  sering meledek, “MASIH LAMA..MASIH LAMAA(KAWINNYA)!!!” Dan itupun sambil gaya mirip iklan kripik kentang leo.waktu si Singa nanya. “udah abis belom!!??. Dijawab sama si Cowok “masih banyaak!!” hehee :p

jamaah masjid WordPress yang dirahmati Allah (Amiinn 1001x), sebenarnya dalam memilih pasangan. Entah untuk diri anda(yang cewek) ataupun anak anda (para ortu yang punya anak cewek). Tidak boleh main-main. Sebab kita bertaruh masa depan dan kebahagiaan. Hendaklah memilih pria yang sholeh, dan berakhlak(berprilaku) mulia. Agar anak anda bahagia. Nah! Nantinya kalo rumah tangga pasti sang suami akan memperlakukan istri dengan baik, kalo toh! Andainya harus berpisah maka mereka akan berpisah dengan baik-baik.

Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya’ Ulum al-Din berkata, :” berhati-hatilah dalam menunaikan hak anak perempuan. Hal ini sangat penting karena kebebasannya akan dibatasi oleh per ikahan. Suami berhak menceraikannya kapan saja. Jika ia menikahkan putrinya dengan lelaki yang suka berbuat zalim atau suka meninggalkan sholat, maka ia telah mencelakai agamanya, Terjerembab dalam murka Allah. Sebab dengan demikian ia telah memutuskan tali Silaturrahminya dan salah dalam memilih.”

Oleh karena itu buat anda khususnya jamaah cewek, ada baiknya meneliti laki-laki calon suami anda. Apakah dia benar-benar baik atau hanya bersandiwara pura-pura baik demi mendapatkan hati anda. Tentulah sebuah penyesalan ketika di masa perkenalan sebelum menikah dia tampak sempurna, tetapi begitu sudah nikah tampak Semburat ke mana-mana. Kalau perlu anda tes hingga bagian terkecil tubuhnya. Periksa genetiknya apakah membawa gen buta warna atau tidak, atau jangan-jangan dia kena HIV

(haduuhh.. Pak Ustad ngelantur Nih!)

Oke! Kembali lagi ke lelaki..!. Berikut kriteria yang patut diperhatikan sebelum memilih lelaki pendamping hidup.

Calon suami yang baik itu…..

1. Memperlakukan orangtua dengan baik.

seringkan anda mendengar bahwa sikap perlakuan anak terhadap istri bisa diketahui dari cara ia memperlakukan kedua orangtuanya. Jika ia dibesarkan di keluarga yang bahagia dan tentram, bisa dipastikan ia akan membawa hal itu dalam rumah tangganya kelak.

2. Telaten sama Binatang peliharaan atau Tanaman.

Hal ini indikasi yang menarik lho!. Kalo cowok bisa merawat tanaman dengan baik, itu menandakan bahwa (mungkin) kelak ketika ia punya bayi ia akan merawatnya dengan baik. Dan kalo ia bisa ngasih makan binatang, membawa jalan-jalan, dan bermain sama binatang itu indikasi kalo ia akan memperhatikan kebutuhan sesuatu yang memang perlu perhatian. Nah nantinya dia pasti bisa memberi perhatian buat istrinya. Lha sama binatang aja udah perhatiah kok!.

3.Ikut Ngurusi Pernikahan.

Ada yang bilang kalo soal pernikahan itu adalah urusan keluarga cewek aja! Padahal yang kawin yang cowok-cewek?!. Nah kalo dia mau membantu anda mempersiapkan momen ahri pernikahan bisa jadi indikasi bahwa ia bisa bekerjasama kelak ketika mengurusi rumah tangga.

4, Terbuka.

Lelaki yang memiliki sifat kasar, keras, dan serba tertutup biasanya akan menimbulkan konflik. Kalaupun tak ada konflik si istri pasti akan sakit hatinya, sebab merasa pendapatnya tak dihargai. Sebaliknya kalo punya sifat terbuka dan mau menerima masukan maka hal itu tentu akan mempermudah dia dan istrinya dalam membina rumah tangga.

5. Suka Memberi Pujian

hal ini menunjukan kalo dia akan memberikan dukungan yang sama terhadap istri dan anak-anaknya kelak jika sudah menikah.

Demikianlah Jamaah WordPress sekalian apa yang gue sampaikan semoga ada manfaatnya, terutama para cewek yang belum kawin. Semoga Allah merahmati kita dan terima lowongan(gue kan masih jomblo!:-p). Maaf apabila ada salah ketik, Akhirukalam Wassalamualaikum Wr.Wb.

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di INFO, religia dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Dipilih..dipilih.. Calon Suami Ideal..

  1. Mita Alakadarnya berkata:

    terima kasih pak ustad Rifa’i atas pencerahannya,,, 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s