Mengapa Iblis Benci Orang Dermawan

Berikut adalah cerita yang menggambarkan bahwa setan benci orang dermawan.Sebuah kisah yang pernah dituturkan oleh orang tua saya,Kisah tentang dialog antara Nabi Yahya dan setan.

Pada suatu ketika datanglah Iblis kepada Nabi Yahya,lalu berkatalah iblis,
Iblis : Aku ingin memberi nasihat kepadamu.
Yahya: Bohong! .Kamu jangan menasehati aku, tetapi beritahu aku tentang anak cucu adam.
Iblis : Anak cucu adam itu menurut asal ada tiga golongan,yaitu:

  1. Golongan yang paling keras (terhadap golongan kami) bila saya menemukan kesempatan untuk menggodanya,maka kesempatan itu selalu tidak dapat saya manfaatkan sehingga kami tidak memperoleh apa-apa dari mereka.
  2. Golongan yang kami kuasai.Mereka ditangan kami tidak ubahnya seperti bola di tangan para anak-anak kani yang kapan saja bisa dimainkan.Kami puas atas mereka.
  3. Golongan orang-orang seperti anda.Mereka dilindungi Allah SWT sehingga saya tidak dapat menembus mereka.

Yahya : Kalo begitu apakah kamu mampu menggoda saya?
Iblis     : Tidak.Tetapi hanya sekali saya mampu menggoda anda.Yaitu ketika anda menghadapi makanan.lalu anda memakanya sekenyang-kenyangnya,sampai anda tertidur pada waktu itu,hingga anda tidak melakukan sholat malam seperti malam-malam biasanya.
Yahya : Sudah tentu saya tidak kenyang waktu itu dari makanan yang saya hadapi.
Iblis     : Sudah tentu saya tidak akan memberi nasehat kepada anak Adam.

Diriwayatkan dari Abdullah Bin Al Iman Ahmad bin Hambal dari Tsabit Al Bananni,berkata :Iblis memperlihatkan dirinya dengan beberapa barang tergatung lalu Nabi Yahya bertanya,
Yahya :Apakah barang-barang yang tergantung itu wahai Iblis Laknatullah??.
Iblis    : Ini adalah beberapa syahwat yang saya dapat dari anak adam.
Yahya:Apakah aku juga ada(syahwat)??.
Iblis   : Kadang-kadang anda kebanyakan makan lalu berat untuk menjalankn sholat dan dzikir kepada Allah SWT.
Yahya : Apakah ada yang lain??.
Iblis    : Tidak ada.Wallahi tidak ada,ini menunjukan para nabi itu dilindungi oleh Allah dari perbuatan dosa.
Yahya : Allah tidak akan memenuhkan perut saya dari berbagai makanan.
Iblis    : Saya juga begitu,saya tidak akan memberi nasehat kepada anak cucu adam.

Diriwayatkan dari ibnu Abid Dunya dari Abdullah berkata:Nabi Yahya bertemu dengan Iblis lalu bertanya kepada Iblis.
Yahya  : Tolong beritahu saya apakah yang paling engkau sukai dari manusia? dan apakah yang paling engkau benci dari manusia?https://rumahrifai.wordpress.com/
Iblis      ; Orang mukmin yng paling aku sukai adalah yang Bakhil.Sedang orang mukmin yang paling aku benci adalah mukmn yang Fasik(rusak amalnya) tetapi dermawan.
Yahya : Mengapa bisa begitu?
Iblis     : Orang mukmin bakhil itu menurut saya sudah cukup(untuk digoda amalnya) tetapi kalau orang fasik suka bersedekah,saya khawatir kalau kedermawbnanya itu diketahui oleh Allah lalu diterima amalnya,itu berarti saya tidak punya teman di neraka nanti

Kemudian Iblis berlalu dari nabi yahya sambil berkata:Kalau anda bukan Yahya,tentu tidak akan saya beritahu tentang masalah ini.

Oleh karena itu gue menghimbau kepada teman-teman pembaca yang budiman untuk menafkahkan atau mensedekahkan sebagian harta yang kita miliki ke jalan yang diridhai Allah SWT.https://rumahrifai.wordpress.com/

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di cuap-cuap, Harian, INFO. Tandai permalink.

8 Balasan ke Mengapa Iblis Benci Orang Dermawan

  1. Mita Alakadarnya berkata:

    keren mas….
    karena sebagian harta kita milik orang lain….

  2. capung2 berkata:

    dgn bersedekah rezeki akan menjadi berkah, kata guru saya gan.. 🙂 thx utk postingannya !

    • Rifai Prairie berkata:

      yUp! bener banget!
      Berkah itu artinya nggak selalu berlipat ganda. tapi bisa saja sedikit tapi mencukupi. Sedikit tapi rasanya di hati enak dan tentram.. atau berkah itu bisa berarti rezekinya tetap tapi kesehatan keluarga terjaga, kesejahteraan keluarga terjaga.
      🙂

  3. MasyaAllah baca inilangsng liat dompett.. 🙂 *yuksedekah

Tinggalkan Balasan

