Cupangku sayang… Cupangku Malang.

revolve-raccoon-emoticon

Pernah dengar Ikan cupang? Atau ikan tarung? Atau dalam bahasa ilmiahnya Betta Spendles..

Ya! Selama gue vakum ngeblog kemarin gue mulai sibuk dengan Hobi baru gue melihara ikan cupang. Hehee

sebelum memilih ikan cupang sebagai Pet, gue sebenarnya udah pernah beberapa kali punya peliharaan lain, antara lain:

* Burung , gue pelihara pas tahun 1996-1996 cuma tiga bulan hidup. Abis itu langsung koid. *ikan hias kecil-kecil. Mungkin karena nggak gue kasih pemasok gelembung mereka pada mati.

*kucing, mulai tahun 2000 sampai 2013. Baru aja hilang entah kemana. Kemungkinan kawin lari sama kucing lain.

Nah! Kenapa gue milih cupang??https://rumahrifai.wordpress.com/

Ikan cupang adalah jenis ikan air tawar yang cukup tangguh. Ikan ini tidak perlu perawatan rumit. Tidak butuh penyalur gelembung-gelembung. Tahan hidup di tempat yang terbatas, jadi tidak harus ditempatkan di akuarium yang luas.

Selain itu bentuk dan warna ikan cupang bervariatif dan sangat indah.

Beberapa jenis cupang yang sudah gue miliki:

1. Serit. Jenis ini nampak dari siripnya yang ada banyak seritnya, yaitu bentuk sirip yang memanjang tampak seperti duri-duri runcing.

iserit

2.Half moon. Jenis paling indah, cirinya ketika dia siap bertarung dia akan melebarkan sirip dan siripnya akan tampak seperti membulat. Terkadang bahkan seperti setengah lingkaran, makanya disebut half moon.

halfmoon

3.Plakat. Mungkin ini adalah perpaduan dari dua spesies sebelumnya. Cirinya.. Memiliki sedikit tonjolan di sirip-siripnya tapi tidak terlalu panjang seperti serit.

plakat

4. Giant. Seperti nama tokoh di animasi doraemon, ikan Cupang jenis Giant terkenal dengan bentuk tubuhnya yang dua kali lebih besar daripada ikan cupang normal.

Selain berdasar corak badan, cupang juga dibedakan menjadi cupang aduan dan cupang alam.

giant

Udah tahu kan indahnya ikan cupang.

Sekarang waktunya gue kasih tips buat yang mau pelihara ikan cupang. Terutama yang pemula kayak gue, hehee

1. Belilah ikan cupang yang punya corak bagus. Ya iyalah! Ngapain beli yang jelek.

2. Sering ganti air supaya ikan tetap sehat. Paling tidak 1 minggu sekali. Meskipun tahan dalam kondisi minim oksigen, tapi ikan cupang juga rentan kena penyakit akibat bakteri dsb.

3. supaya cepat besar kasih makan cacing. Ada dua jenis cacing yaitu cacing sutra dan cacing larva nyamuk penghisap bunga. (lain kali gue ulas di postingan berikutnya)

4. Supaya warnanya terang beri makan jentik nyamuk.

5. Kalo masih anakan yang kecil banget, beri makan kutu air. Kalo kamu punya kutu di rambutmu itu lebih bagus! Cemplungin aja kepala kamu ke akuariumnya. Heheehee

6. Jangan percaya semua pedagang.

Pernah tuh gue nanya

“Ini ikan jantan apa betina pak?!”

“itu betina semua! 2 ribuan aja!”

akhirnya karena obsesi mau nernak gue borong 4 Ikan Cupang. Eh! Ternyata setelah beberapa minggu baru gue tahu kalo tiga diantara empat ikan itu jantan. Pantas aja sering berantem dan akhirnya dua ekor mati dengan sukses..gue_merengek

 

7. Pakan hidup lebih menarik daripada pelet. Biasanya kan kita nggak mau ribet ngasih pakan. Nah! Kita kasih pelet aja. Tapi ikan cupang lebih suka pakan hidup(jentik atau cacing) sesuai sifat alami mereka sebagai predator. kalo sering dikasih pakan berupa pelet, biasanya akan banyak sisa makanan mengendap di dasar akuarium. Ini bisa jadi masalah juga sebab akuarium jadi cepat kotor dan harus sering ganti air.

Demikian gue ulas soal peliharaan gue. Dan Alhamdulillah gue udah punya 8 ekor cupang. Hehee

buat yang mau pelihara cupang boleh kok hubungi gue! Mau beli apa nanya-nanya juga nggak apa-apa.

Arigatoo..gue_cilukba

See yaa teman-teman..

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Cupangku sayang… Cupangku Malang.

  1. ada cupang yang loreng-loreng gak? atau berwarna lebih dari satu gitu?

    • Rifai Prairie berkata:

      ada, maaf belum gue sebutin berdasarkan warna cupang dibagi dalam
      1. satu warna misal biru saja, atau merah saja.
      2. campuran halus. Biasanya warnanya bercampur namun sangat halus, biasa dimiliki cupang alam
      3.campuran kasa,bertotol. Biasanya warnanya beragam namun bercampurnya tidak halus. kadang totol yang satu merah yang lain biru.
      4. Butterfly. Tipe yang paling gue sukai. Jenisnya biasa dikenali dengan siripnya yang halus dan berwarna putih transparan, kadang disertai warna/totol-totol.
      Setahuku itu beda cupang berdasarkan warna.
      😀

    • Rifai Prairie berkata:

      ada, maaf belum gue sebutin berdasarkan warna cupang dibagi dalam
      1. satu warna misal biru saja, atau merah saja.
      2. campuran halus. Biasanya warnanya bercampur namun sangat halus, biasa dimiliki cupang alam
      3.campuran kasar,bertotol. Biasanya warnanya beragam namun bercampurnya tidak halus. kadang totol yang satu merah yang lain biru.
      4. Butterfly. Tipe yang paling gue sukai. Jenisnya biasa dikenali dengan siripnya yang halus dan berwarna putih transparan, kadang disertai warna/totol-totol.
      Setahuku itu beda cupang berdasarkan warna.
      😀

  2. lucchan berkata:

    mas, cupangku. Si wakjo baru beberapa minggu yg lalu mati. Abis sakit, padahal udh tak obatin ==”
    #curhatdikit
    biasanya kalo sakit, sama mas pai dikasih apa? ._.a

    • Rifai Prairie berkata:

      Hmmm.. sakit ya? aku sih juga pernah punya Cupang yang sakit dan malah renangnya dia di permukaan… terus. Sampai saat ini aku belum nemuin obat buat ngobatin, dibawa ke dokter hewan aja. hehee

      tapi untuk pencegahan (biar gak sakit) sebaiknya:
      1. Sering ganti air paling tidak seminggu sekali
      2. Kualitas pakan harus dijaga, kasih pakan yang baik. kalo perlu dikombinasi antara pelet dan jentik, serta cacing.
      sekian!
      O:)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s