MASJID CHENG HOO BENARKAH SUDAH RATUSAN TAHUN DIBANGUN?? :-/

9231012-masjid-cheng-hoo chengho2 masjid-cheng-ho-surabaya-indonesia+1152_13014783267-tpfil02aw-24765

Masjid yang berada di Surabaya ini memang unik. Terutama karena corak/desainnya yang mirip bangunan tradisional Tiongkok. Alhamdulillah gue udah pernah nyasar ke sana sekali. Hehehe.. Gue yes-yes.

Waktu itu rombongan bus yang gue naiki bannya pecah! Dan berhenti tepat di dekat masjid ini. Ajaibnya pada saat itu tepat jam 3 sore (waktu Ashar). Baca postingan gue DUAARR!!! Alhamdulillah… mogok di Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo menjadi salah satu tetenger unik di Surabaya. Kebanyakan orang ndeso kayak gue bakal foto narsis di area masjid. Beruntung aja kalo kamu nggak didamprat sama takmirnya, :p hehehee gue-hehehe

Salah satunya foto gue yang ini:

Cheng hoo 3p1210855p1210857

Konon bentuk Masjid Cheng Hoo terinspirasi dari arsitektur Masjid Niu Jie yang ada di Beijing, Tiongkok, yang dibangun pada tahun 996M.

Dari bentuknya aja udah kentara banget akulturasi antara budaya Arab dan Tiongkok. Warna merah dan hijau mendominasi, dengan dipadu atap yang berbentuk seperti pagoda.

Tapi bukan berarti warna hijau itu melambangkan cendol, dan merahnya sirop ya! Gue ngupil itu sih tukang makan!. Warna hijau merefleksikan keislaman/budaya Arab. Sedangkan warna merah mewakili budaya Tiongkok. Gue yes-yes.Begitu..

Makna Bangunan Masjid Cheng Hoo

Kalau kamu Cuma foto-foto di depan masjid Cheng Hoo, tanpa tahu sejarahnya itu dodol namanya! X Kayak gue dong! Ngerti arti dan makna bangunannya X (Setelah mengintrogasi takmirnya)

Menurut Pak Achmad Haryono (wang Jin Shui), tiap detail Masjid Cheng Hoo punya makna loh!. Yaitu

  1. Delapan sisi atap punya makna khusus. Seperti dalam budaya Tiongkok, angka delapan (Pat kwa) punya makna jaya atau keberuntungan.
  2. Luas Masjid berukuran 11×9. Angka 11 merupakan tanda yang mengikuti ukuran Ka’bah saat pertama kali dibangun Nabi Ibrahim as. Yaitu panjang dan lebarnya 11×11 meter.
  3. Angka 9 merefleksikan para wali songo. Para Ulama penyebar Islam di tanah Jawa.
  4. Aksen lafaz Allah berwarna emas di puncak atap merupakan penanda khusus yang embedakan dengan tempat ibadah agama lain. Ada juga loh! Lafaz Allah dan Muhammad yang tertempel di tiap pojok atap masjid. Dan juga lafaz Basmalah berbentuk bundar dengan warna emas di jendela masjid.

Dibangun Tahun 2003

Taraa… gue_tepoktangan Ternyata banyak yang salah sangka, dikirannya masjid Cheng Hoo ini udah berdiri ratusan tahun. Padahal dibangunnya baru tahun 2003 silam.

Cikal bakalnya adalah dari ide dewan pembina PITI (Persatuian Islam Tionghoa Indonesia), mereka ingin memiliki masjid dengan nuansa dan nama Tionghoa. Akhirnya dipilih nama Laksamana Cheng Hoo, seorang saudagar muslim asal Tiongkok yang sempat singgah dan menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Daya tampung masjid ini hanya mencapai 200 orang. Tapi banyak jamaah membeludak pas sholat Jum’at.

Selain dipakai buat kegiatan ibadah rutin (Sholat) juga sering diadakan pengajian, ikrar mualaf, bahkan akad nikah. Hmmm.. Gue minta do’anya ya teman-teman, semoga bisa melaksanakan akad nikah di sana! Gue ngupil (Lha punya calon aja belum!)

Ada Klinik Tong Pang-nya Loh!!

Kalo kamu sakit nggak usah jauh-jauh ke klinik tong Pang gue ngekekhehehee. Di masjid Cheng Hoo juga ada lho praktik kesehatan TCM. Kegiatan ini juga masuk dalam pengelolaan Yayasan  YHMCH (Yayasan Haji Mohammad Cheng Hoo).

Di lingkungan masjid Cheng Hoodibangun klinik akupuntur tradisional Tiongkok. Pengobatan akupuntur itu bernama Shinse, dan diasuh langsung oleh tabib dari Tiongkok, hehee Gue dansa hebat kan?

Menurut dokter Xie Fang tabib Klinik Akupuntur. Pengobatanb bisa dilakukan semua usia. Baik anak-anak maupun dewasa. Selain dengan akupuntur, ada juga terapi dengan bekam!. Hmm..gue merayap dinding jadi pengen ke sana! Buat berobat udah pegel-pegel nulis nih!

Oke sekian dulu posting kali ini semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di INFO, KHAZANAH ISLAM dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke MASJID CHENG HOO BENARKAH SUDAH RATUSAN TAHUN DIBANGUN?? :-/

  1. luxi89soulmate berkata:

    eee…td aku ngarep tu mesjid udah ratusan taooon! tapi cantik ya mesjidnya…:)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s