Allamanda Cathartica dan Mencrat-Mencrot :3

alamanda03 AllamandaPurple

Hmmm pasti kamu udah tahu kan nama bunga yang warnanya indah itu. Nggak tahu?! Hmmm… Dari judul tulisannya aja udah ketahuan namanya alamanda. Alamanda! Hafalin ya!. Latinnya Allamanda Cathartica.

Kalo kamu tinggal di Sunda, biasanya bunga ini disebutnya Lame Areuy. Akh! Susah euy!! gue-hehehe

kalo di Bali namanya coblong-coblongan.

Inggrisnya Golden Trumpet, soalnya bunganya emang kayak terompet dan berwarna kuning. Walaupun ada juga yang ungu kayak di foto itu.

Tanaman Alamanda ini asli Brasil. Gak tahu kapan dia migrasi ke Indonesia! Gue_hehehe hehee bisa menjalar kalo ada bantuan tiang buat rambatannya. Kalo kulit batangnya atau daunya patah bakal mengeluarkan getah putih yang bisa bikin iritasi. Tenang… Iritasinya ringan kok! Cuma kalo di mata ya sakit!! Gue.Mewek

Daun Alamanda diketahui bisa buat memperlancar buang air besar dan mengobati demam. Akarnya bisa buat mengatasi penyakit malaria dan penyakit kuning. gue_hehehe sombong

Kalo ditilik dari nama belakangnya Cathartica, kayaknya sih bagus ya?!. Tapi ternyata itu menyesuaikan sama namanya Bro… Sifat Cathartic  yang berarti merangsang BAB. Eeuh.. X Namanya aja cantik! Ternyata.

Tapi beneran loh! Di India tanaman ini dijadiin obat yang diminum buat membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran mudah bergerak di usus. Gue yes-yes.

Tapi EFEK SAMPINGNYA bisa bikin kamu diare alias Mencrat-mencrot kalo kebanyakan, juga bisa bikin kamu muntah-muntah. Iyuhh.. Gue_TIDAAAKKK

Tanaman Cathartic…. Aaarrggghhh.. X Jadi ingat BAB. Udah! Sebut Allamanda aja! Allamanda ternyata berpotensi jadi penetral efek hemorrhegic, alias pendarahan hebat akibat gigitan Bothrops atrox (nama Ular yang biasa hidup di daerah tropis. Efek netralisasinya sih sedang-sedang aja! Cuma 21-72%. gue_tepoktangan

(pernah diuji coba oleh Otero R at al. Dengan spesimen tikus lab, dosis 4 mg/Kg)

Nah! Itulah kegunaan alamanda. gue_dansa2

Jadi buat yang… Nyebutnya gak enak nih! Yang susah BAB (sembelit) tanam Tuh! Cathartica biar bisa buat obat. Tapi hati-hati efek sampingnya ya! Gue dansa

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di MEDIS dan tag , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Allamanda Cathartica dan Mencrat-Mencrot :3

  1. pursuingmydreams berkata:

    Selain warnanya yang cantik, ternyata bisa digunakan juga sebagai obat. TOP BGT deh :Wink: .

  2. Ternyata manfaat ny banyak ya.

  3. capung2 berkata:

    termasuk tumbuhan obat klo gtu ya bos.. 😀

    • Rifai Prairie berkata:

      Hmmm iya! kan memang semua jenis tumbuhan dan hewan memiliki manfaat sendiri-sendiri Gan!.
      Tambahan: Beberapa obat sintetis juga dibuat dari bahan organis (tumbuhan/hewan). seperti di India yang mana membuat obat Pencahar/ pelancar buang air besar dari ekstrak Allamanda ini. 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s