Bekam,Negara Barat, dan Aitienge :)

Wah! Jarang-jarang nih gue menulis yang berat. Tapi karena emang gue suka mempelajari beberapa hal di bidang medis alternatif, yaa mau gak mau gue berusaha menulis apa yang gue tahu. Semoga manfaat. ๐Ÿ™‚ย Gue yes-yes.

BEKAM!. Barangkali teman-teman sudah tahu apa itu bekam. Bekam adalah suatu metode pengobatan dengan jalan mengeluarkan darah dalam tubuh melalui titik-titik tertentu dengan Cara disedot menggunakan alat-alat tertentu. gue_tepoktangan

ย bekam di kepala orang lagi di bekam

Bekam memiliki beberapa nama lain (di Indonesia) yaitu: canduk, Canthuk, Kop, Cupping, Mambakan, dll.

Bekam sendiri berasal dari terjemahan Hijamah, dari kata al-hajmu, yang berarti pekerjaan membekam. Al-hijmu berarti menghisap atau menyedot. gue_kagum

Nah, emang ya kalo di masyarakat modern saat ini bekam keliatan… Ah! Kuno, tradisional, dan kejamnya ada yang menganggap irasional. gue_merengek

Padahal dunia kedokteran barat sudah meneliti dan mengkaji perihal Bekam, bahkan membuat banyak terobosan. Yaa tentu aja namanya udah ganti!! Bukan bekam lagi.

Terhitung ada beberapa nama ahli bekam dari negara Barat, seperti DR.Michael Reed Gach dari California dengan bukunya “Potent points, a guide to self care for Common Ailments(titik berkhasiat sebagai panduan perawatan diri dan pengobatan penyakit yang umum)

Ada juga penelitian Kohler D (1990), atau tulisan Thomas W.Anderson (1985) berjudul 100 Disease Treated by Cupping Method.

Tuh! Kan ternyata! Pengobatan Bekam yang sudah ribuan tahun diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad juga menjadi penelitian bahakn idaman orang-orang barat.

Pengobatan dengan metode Bekam sangat efektif, seperti yang diucapkan oleh Nabi Muhammad, bahwa Bekam di daerah tengkuk aja bisa menyembuhkan 72 penyakit! WOW!!

“Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan dengan bekam di tengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari tujuh puluh dua penyakit!” gue_hehehe sombong

Kalo dipikir sih! Emang iya!. Sebab tengkuk berada di area “Gerbang” menuju syaraf pusat (otak). Semua pembuluh, dan syaraf dari seluruh tubuh yang menuju ke kepala pasti melewati daerah tengkuk.

Ternyata dalam perkembangannya bekam pernah loh jadi primadona di dataran Eropa!. Terhitung hingga tahun 1960-an nggak ada majalah kedokteran yang terbit melainkan pasti menyebutkan manfaat dari Bekam.

Mereka mengakui bahwa Bekam bisa mengobati berbagai penyakit dan tak menimbulkan efek samping (perihal efek samping insyaallah dibahas besok-besok).

Keampuhan bekam menjadi sangat populer, khususnya di Jerman. Bahkan sempat ada beberapa perusahaan medis yang memproduksi alat-alat khusus untuk bekam serta berbagai tas khusus untuk peralatan bekam, seperti perusahaan Aitienge (Jerman). Gue sendiri belum bisa konfirmasi perihal ini dari literatur Jerman, barangkali Mbak Nella yang ada di Jerman dan bisa cas cis cus bahasa Jerman bisa membantu?! Silahkan koment. ๐Ÿ™‚ Gue dansa

Namun tiba-tiba saja Nama populer bekam hilang bak ditelan bumi. Bahkan sekarang penelitian Medis di Eropa cenderung berpihak ke berbagai pengobatan modern yang melibatkan aneka obat kimia modern. Gue sendiri nggak bisa memastikan apakah memang ada rekayasa dan konspirasi oleh perusahaan-perusahaan farmasi Eropa. Yang jelas, Kemajuan di bidang Farmasi terkadang malah menimbulkan berbagai kondala baru.

Yap! Itulah secuil mengenai bekam. Semoga bisa membuat kita menyadari bahwa ada TEKHNIK PENGOBATAN AMPUH TANPA EFEK SAMPING, Yaitu BEKAM!!. gue_hehehe sombong

Dan buat yang penasaran silahkan coba datang ke klini-klinik Bekam yang ada di kota anda.

For the Next…. Mohon do’anya supaya gue bisa memuat lebih detail soal Bekam, juga insyaallah bakal gue kasih contoh titik-titik pembekaman serta tekhnik-tekhniknya.

gue_tepoktangan

๐Ÿ™‚

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di MEDIS. Tandai permalink.

5 Balasan ke Bekam,Negara Barat, dan Aitienge :)

  1. capung2 berkata:

    belum pernah dibekam, pengen nyoba sih.. cuma takut, soalnya badannya gag gemuk.. ๐Ÿ˜€

    pernah melihat kawan yang dibekam, darah kotornya banyak juga ya yg disedot..

  2. luxi89soulmate berkata:

    kayaknya oke…tapi gue so skinny…ntar abis bekam gue malah biru krna kkurangan darah..tunggu gemuk dulu ah

Tinggalkan Balasan

