Ritual Di Saat Musim Kemarau :3

YEEEE….. Akhirnya gue bisa ngeblog lagi. Dan sialnya traffic gue terjun payung coy..! KAMPRET!! Selain masalah kerja gue yang dibikin “Sibuk tiada henti” sama Allah juga karena musim kemarau. Hehee..gue semilir angin Bawaannya kalo siang itu maunya molor… Mulu. :p Nah! Ngomorin kemarau.., eh! Ngomor! Ngomor deh tuh! Maksudnya ngomong!. 😀 Ngomongin kemarau di daerah gue, ada banyak ritual menarik yang diadain buat menyambut (atau boleh jadi ngusir) musim kemarau.Gue_bingung Apa aja itu?? Lets Cekidot!! Wilayah Kabupaten Gresik yang luas memiliki banyak ragam budaya. Salah satunya di Desa Setro Kecamatan Menganti. Kalo musim kemarau datang ke desa ini bawaanya bikin warganya mau ngamuk, hehehee.. Desa ini punya tradisi Gulat Okol. Gulat Okol berarti Gulat Otot (Okol=otot). Semua warga bakal gotong royong bikin ring buat arena pertarungan. Jangan loe bayangin ringnya bagus kayak pertandingannya Chris John. Yang ada cuman tumpukan damen alias Jerami. Dan pinggirannya dikasih Karung-karung empuk. Di situlah gue bakal bergulat sama lawan gue. Gue ngamuk beneran (“Aku akan melawan kalian dnegan semangat api!!”) Tapi gulatnya nggak sampai berdarah-darah kayak di mortal combat kok!. Di sini cuma adu kekuatan. Siapa yang jatuh dia yang kalah. Dalam Gulat Okol juga ada aturan mainnya. Peserta dilarang meninju, Nggak boleh berkuku panjang, dilarang ngangkat tubuh lawan kayak Smackdown, Juga nggak boleh dengan sengaja mencederai lawan. gue_hehehe sombong  

IMG_2506-629x357

Tradisi Gulat Okol

Sebelum gue naik ring sebagai peserta, gue bakal dikasih selendang. Ada yang merah sama item. Gue pilih item lah Bro! Kan udah Dan 1 karate. Gue_hehehe Wkwkwkwk juga ada wasitnya. Nggak cuma satu, tapi dua orang wasit. Biasanya wasit itu disebut Pelandang. Konon Gulat Okol ini udah berlangsung sangat lama. Ada cerita yang menceritakan bahwa pada suatu masa di Desa Setro terkena wabah kekeringan sangat parah. -arena itu, begitu turun hujan pertama, warga meluapkan kegembiraan dalam berbagai bentuk. Salah satunya dengan bergulat di atas tumpukan jerami.

Desa Sumari, Kecamatan Duduksampeyan punya ritual lain lagi. Warga di sana punya ritual lain. Mereka bakal berkeliling kampung dengan membawa aneka jajan pasar dan beberapa hasil bumi. Tapi bukan buat dijual Bro.. Tiap-Tiap RT (Rukun Tetangga) bakal disuruh bikin rumah-rumahan, masjid-masjidan, hingga perahu-perahuan. Desa Sumari sendiri termasuk desa yang sering kena kekeringan.Pas musim kemarau tiba, banyak warga yang kesulitan mendapat air bersih. Warga musti berjalan beberapa kilometer buat mencari sumber air bersih.

Ada juga tradisi Bandengan di Desa Indrodelik, Kecamatan Bungah. Warga di sana bakal membawa banyak makanan, yang kebanyakan berbahan dasar Bandeng ke sebuah telaga atau waduk.

Tradisi Bandengan

Tradisi Bandengan

Nah! Mungkin karena bahannya kebanyakan bandeng jadinya disebut Bandengan. Coba kalo bahannya Teri, mungkin namanya jadi Terian. Hehee..Gue_hehehe Sama kayak gulat Okol, Ritual Bandengan juga sudah berlangsung turun temurun.

Beberapa Desa yang Gue sebutin tadi adalah sebagian wilayah Gresik yang tiap tahun dilanda bencana kekeringan. Berdasarkan data Pemkab, ada 100 desa lebih, dari 13 Kecamatan yang sangat membutuhkan pasokan air bersih. Emang sih ada beberapa Pihak yang dengan suka rela mengulurkan bantuan buat dropping air bersih. Tapi kan cuman cukup buat beberapa hari aja! So buat loe semua putra daerah! Yuk! Bantu mereka yang lagi kekeringan. Nah! Sekian dulu posting soal ritual khusus musim kemarau di Daerah Kabupaten Gresik. Semoga menambah khazanah keilmuan teman-teman semua. Dan semoga juga bisa menggugah simpati warga asli yang mampu membantu. Gue.Mewek(“Yuk! Bantuin sesamaaa…!”)

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di INFO dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Ritual Di Saat Musim Kemarau :3

  1. capung2 berkata:

    Bantuin lwt doa nih.. biar cpt turun hujan disana dan dijauhkan dr musim kekeringan 😀

  2. rangtalu berkata:

    wah ritual-ritual ini sebenarnya yang bikin hujan ga turun-turun.. lebih baik dibawa sholat minta hujan.. 😀

    • Rifai Prairie berkata:

      Asal niatnya dibawa kpd Allah ya nggak apa-apa dong… Selain ritual itu sebenarnya di kabupaten gue banyak kok ritual keagamaan. bahkan julukan kabupaten Gresik adalah Kota Santri. 🙂 hehee

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s