Lagi-lagi nanam Sawi.. :3

 

Okeh! Kali ini gue lagi excited buat nanam sawi. Hehee sebenarnya sih udah lama gue nanam. Sering malahan!. Gampang kok Cuma tinggal beli bibitnya, sebar, kalo udah tumbuh loe tanam!. Jadi deh!

 

Pot yang isinya "bayi" sawi :p

Pot yang isinya “bayi” sawi :p

 

But wait! Persoalannya Bro, halaman rumah gue Cuma 2X3m mana mungkin bisa buat berkebun. Nah itu dia masalahnyaa.. hiks.hiks.hiks

Gue selalu suka berkebun. Macem-macem bunga gue tanam. Bahkan gue mau bikin semacam museum bunga, apa tuh namanya herbalrium apa laboratorium tanaman??. Tapi lahan gue terbatas, dan gue berusaha mengakalinya.

Caranya.. ea.ea.ea.. goyang dumang2

Pakai Pot bunga.

Ya iyalah masa lu mau tanam langsung di tanah depan rumah?! Apalagi kalo sudah dicor/beton. Maka kita musti siapin pot, kalo buat sawi pilih yang standart aja ya

Bibit Sawi. Pakai dikit-dikit.

Yang ke-2 jelas bibitnya kamu beli di toko pertanian. Atau di tukang jual bunga. Kalo di kamu Rif? Sorry.. apa gue mirip tukang jual tanaman yak?! :p hehee gue pengen sih jual, tapi untuk saat ini gak deh!. Atau bisa hubungi Mbak Nella di pursuingmydreams. Mungkin di Jerman ada yang jual bibit sawi hybrid!

Ingat!! Pakai bibitnya sedikit aja ya! Biasanya satu bungkus itu udah ada ribuan biji. Lha kalo kamu tanam semua bisa-bisa rumah kamu bisa full sawi. šŸ˜€ hehee hehehehehehe

Bibit sawi kemudian kamu tebar di wadah khusus, atau pakai pot yang khusus buat pembibitan.

Setelah 2-3 minggu udah mulai tumbuh, biasanya gue pindahin kalo daunya yang kecil-kecil udah ada tiga sampai empat helai. Pindahin ke pot yang standart tadi. Atau bisa pakai gelas aqua yang dilubangi. Tapi khusus yang di gelas, nanti kalo udah besar yaa musti dipindahin lagi.

Gue pindah ke pot "mandiri" yang agak kecil. kalo udah besar ntar dipindah lagi ;3

Gue pindah ke pot “mandiri” yang agak kecil. kalo udah besar ntar dipindah lagi ;3

Kalo halaman rumah gue udah Full tanaman???

Kalo halaman rumahmu sudah penuh pot tanaman.. kamu bisa mengakali dengan pakai sistem tumpang sari. Kalo bahasa gue sih tumpang tindih. :p wekekek hehehee

Jadi setelah proses pembibitan dan sawinya udah tumbuh agak besar Loe pindahin deh ke pot yang udah ada tanamannya, kan biasanya gak semua bagian pot terpakai, paling tanamannya Cuma makan beberapa seni. Bagian tepinya kadang masih ada banyak space buat naruh sawi. Jadi bisa dibilang Tanaman yang ada di pot itu tanaman primer, nah Sawinya itu tanaman sekunder. Kayak yang difoto bawah ni.. Sawinya gue tanam di pot yang aslinya diisi tanaman Jarak Jatun. :p

Foto0761 copy

Sawinya berteman dengan adenium :D

Sawinya berteman dengan adenium šŸ˜€

Apa nggak ganggu tanaman utama?? Asal pemupukannya cukup sih nggak!. Selain itu juga Sawi musti kena sinar matahari, jadi jangan sampai tanaman utama memayungi si sawi. Bisa-bisa malah nggak tumbuh tuh sawi.

(Gue)Rakun merah yang nulis blog ini. yang punya ksperimen :p

(Gue)Rakun merah yang nulis blog ini. yang punya ksperimen :p

Sekian dulu laporan project sawi gue. Semoga aja bisa sukses!

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di kebunku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

