Hak Istri & Hak Suami (Menurut Islam. berdasar hadist)

etika-suami-isteri

Hmm.. Gue nulis ini sekalian berdo’a moga-moga gue segera dipertemukan dnegan jodoh gue biar bisa membina rumah tangga yang harmonis, sakinah, mawaddah, warohmah, wabarokah. Aamiin.. :p aku malu-malu kucing

Dalam kehidupan rumah tangga banyak hal yang musti diperhatikan kalo mau kondisi kehidupan rumah tangga jadi harmonis. Termasuk landasan dalam membina rumah tangga. Sebab ada beragam alasan ornag untuk menikah, ada yang karena kecantikannya, ada yang karena harta, ada yang karena jabatan. Dan ada pula yang memang karena cinta, kasi, Ikhlas dan amanah. Semoga kita termasuk yang terakhir itu dah! 😀

Interaksi yang baik antara dua pasangan juga mempengaruhi kehidupan rumah tangga. Bagaimana gue bisa ngerti istri gue, dan istri ngertiin gue. Maisng-masing harus saling mpengertian, saling menunaikan hak dan kewajiban.

Islam juga memandang penting hal ini. Makanya banyak ayat Al-Qur’an dan hadist yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga. Tapi kali ini gue mau ngasih sedikit aja (yang dari Hadist Nabi Muhammad SAW). Prinsip kasih sayang dalam berumah tangga salah satunya ada dalam wujud memenuhi hak pasangan kita.Termasuk memberi nafkah sesuai kemampuan, tidak mencela, tidak menyinggung, apalagi sampai memperlakukan dengan buruk.

Dalam Hadist riwayat Abu Daud dan Ibnu Hibban dalam Shahih Ibnu Hibban dari Muawyah bin Haidah “Wahai Rasulullah apakah hak isri atas salah seorang diantara kami (para lelaki)?”

Beliau SAW bersabda, “Memberinya makan apabila engkau makan, memberinya pakaian apabila engkau berpakaian. Janganlah engkau memukul wajah, menjelek-jelekkan dan berpisah kecuali di dalam rumah!”

dibalik balon cinta

Wuih… romantis banget kan? Ini kalo menurut tafsir, eee.. bukan tafsir sih tapi lebih tepatnya pengertian gue sendiri, apa yang dikatakan Rasulullah SAW itu sangat tepat dan sangat indah. Ini menunjukan sesuatu yang harus balance. Kalo gue makan ya istri harus makan, ini kan berarti sebuah perhatian yang benar-benar tulus dan nyata! Mana tega kita makan sementara pasangan gak makan?!

Larangan memukul dan menjelek-jelekkan mungkin karena hal itu yang sering terjadi, bahkan hingga kini. Banyak kan kasus KDRT. Jadi ketika pertanyaan awal diajukan dengan ada kata “Salah seorang diantara kami” itu merujuk nggak Cuma para lelaki zaman itu tapi juga hingga masa yang akan datang. Dan nyatanya memang tepat anjuran Nabi Muhammad SAW.

“Jangan berpisah kecuali di dalam rumah”. Gue juga awalnya bingung. Mungkin bisa diartikan bahwa kalo lagi ada masalah jangan ditampakkan di depan umum. Ngambek-ngambekkan yaa di dalam rumah.. jangan sampai di luar rumah orang tahu kita lagi pisah dan musuhan. Juga mengindikasikan kalau ada perbedaan pendapat hendaknya dibahas aja di dalam rumah, gak enak juga kan kalo kita dan pasangan di luar rumah terus beda pendapat dan saling berargumen mau menang sendiri. Berdebatlah di rumah, dari pada gangguin orang(kalo debat di luar ruamh).

Itu kan Haknya istri. Kalo hak suami gimana ya?

Ada hadist riwayat Ahmad dan Ath-Thabrani dari Abdurrahman bin Auf RA. Rassulullah SAW bersabda, “Apabila seornag istri melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa di blan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan taat kepada suaminya, niscaya akan dikatakan kepadannya, “Masuklah ke surga dari pintu mana saja yang kamu inginkan!””

eya.eya. goyang kanan-kiri Sekian…

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di inspirasi, religia dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s