Setelah Project Melonku Gagal

Mmm.. aku udah pernah posting belum soal cara menanam melon?. nyam..nyam. maem ternyata susah ya? Apalagi di daerah dataran rendah yang panas. Kalo di dataran tinggi yang hawanya sejuk mungkin bakal gampang tapi kalau di daerah seperti Gresik ternyata susah.

Foto1743 Foto1740

Kendalanya adalahh… ea.ea.ea.. goyang dumang2

Banyak kendala yang gue hadapi saat bertaam melon, sebut saja..

1.Hama Kepik. Ini yang paling aku benci, biasanya kalo Melonnya ditaruh di luar/outdoor kepik dengan mudah akan menghinggapi dan langsung memakannya. Biasanya sih kepiknya itu cuman itu-itu aja, warnanya kuning dan badannya kecil. Terkadang melon masih muda pun dilahap. hiks.hiks.hiks

2.Penyiraman. Ini juga kendala yang menurut saya paling sulit. Menanam melon di daaran rendah (Baca: di dalam greenhouse dan berada dalam pot) sangat memerlukan perhatian dalam penyiraman. Salah sedikit melon mati.

Kalau terlalu banyak penyiraman.. akar dan pangkal batangnya bakal membusuk, kalau terlalu sedikit bakal layu dan bunganya berguguran.

  1. Media tanam. Maksudnya tempat nanamnya, Aku sudah mencoba menanam di beberapa media dan ternyata melon butuh media pot yang besar (kalo nanamnya pakai pot). Kalau di tanam di gelas air mineral sebaiknya Cuma sampai masa pembibitan, setelah itu segera pindahkan. Melon tidak akan bisa besar dan berbuah maksimal kalau Cuma ditanam di pot kecil.

Foto1741Foto1739

Nah kemarin melonku sudah sempat berbuah dan sekarang berbuah lagi. Yang kemarin sayangnya kena pembusukan -_- mungkin aku kebanyakan menyiramnya. :p hehee

Sampai sekarang melon di green house masih ada beberapa pohon, tapi karena kesibukan jadinya telat melakukan perawatan.

Selain melon juga ada tomat. Nanti aku posting ah soal tomatnya :p hehee

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Harian, kebunku dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Setelah Project Melonku Gagal

  1. Pai keren euy melonnya sudah bebruah, walaupun masih kecil pasti bikin happy ya :mrgreen: . Kalau masalah pemberian air, kuatir berlebih buat self watering saja Pai, jadi airnya netes saja 😉 . Ditunggu postingan tomatmu 😀 .

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s