GANDRIK!! Cabai Jawa dan Kumis Kucing :D

Jadi ceritanya kemarin sekolah membuat kebun toga (Baca:kebun-kebunan.bukan kebun asli). Kebun toga (Tanaman Obat Keluarga) itu rampung dalam 5 hari. 😀 Hahaha Nggak usah ditanya bagaimana pontang-pantingnya saya dan teman-teman gardener membuat kebun itu. Yang jelas sekarang kebunnya mangkrak. keringetan

Sebenarnya aku termasuk orang yang suka sama semua yang berbau herbal, entah jamu herbal, atau hal-hal seputar herbal. Kebetulan kemarin kebun toga itu diisi berbagai macam tanaman obat/herba. ya.ya.ya angguk-angguk

Dari banyak herba yang saya sukai, sebenarnya ada beberapa yang jarang saya jumpai. Dua diantaranya adalah Cabai Jawa dan Kumis Kucing. Ini bukan kumis kucing yang nemplok di muka binatang kucing lho yaa.. :p wekekek

Seperti ini tampangnya.

Tanaman Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing

Cabai Jawa

Cabai Jawa

Kebetulan yang Cabai jawa di kebun toga belum berbuah jadinya masih batang dan daunnya saja. Kalo dilihat cabai Jawa itu daunnya mirip sirih, pertama aku lihat..

“Itu bukannya sirih ya?” Aku nanya ke Cakri yang beli.

“Itu cabai Jawaa..”

“Kok kayak sirih..”

“….” -_-

Cabai jawa konon katanya bisa menambah kejantanan pria dewasa, wekekek. Kalo menurutku, sesuai sifatnya yang panas, cabai Jawa berefek meningkatkan peredara darah dan menghangatkan tubuh.

Dan asal tahu saja tanaman inilah yang dulunya (pada tempoe doeloe) dipakai sebagai bumbu pedas pada masakan orang jawa. Jadi yang namanya “Cabai” ya ini. Sedangkan Cabai semacam cabai rawit dan cabai merah yang kita kenal sekarang disebut “lombok”. Lucu ya?! hehehee

Kumis kucing setahuku bisa untuk mengobati asam urat. Kebetulan ibuku menderita asam urat dan darah rendah. Kombinasi dua penyakit itu memang nyebelin. Kalo pakai bunga Rosella memang bisa untuk obat asam urat, tapi justru memperparah Hipotensi. Begitu juga kulit manggis.

Makanya saya ngotot mencari kumis kucing dan Alhamdulillah kemarin malah dibeliin. 😀 cihuuyy..

Dua subjek tanaman tadi amat penting buatku. Kalau cabai Jawa tentu saja bukan buat penguat stamina biar “greng” :p wkwk Tapi karena memang tanaman itu langka!!

Nah kemarin sudah sempat saya buat percobaan dengan menanamnya secara stek. Satu percobaan saya taruh di pot kecil dan dimasukkan green house..

Foto1754

Lainnya saya tanam di tanah!

Foto1756

Aku berharap makin banyak tanaman herba yang bisa kukoleksi, dan kumanfaatkan. Itu kan termasuk potensi alam Indonesia. 😀

ngasih kado

WARNING!!! Cuma Orang Baik Yang Ninggalin Like & Comment Di Sini..!

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di kebunku dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

