GANDRIK!! Bikin Kolam Ikan… Gak Cuma Indah, Juga Harus Sehat :D

Kemarin waktu lagi bersihin aneka sampah saya menemukan sejenis tanaman air yang biasanya dijual eceran di pasar ikan. Berhubung semua ikan saya sudah mati dan saya pun kapok uat pelihara lagi maka ganggang itu saya berikan ke Sasori, rekan kerja saya. Kebetulan dia punya kolam ikan mini di rumahnya. Saya sendiri belum pernah melihatnya secara live bentuk kolamnya bagaimana. Tapi dia bilang kolam ikannya Cuma kolam ikan “pas-pasan” dan ala kadarnya buat nyenengin anaknya yang masih kecil. -_-

Bicara soal kolam ikan di rumah, tak bisa dipungkiri kalo keberadaannya bikin suasana menjadi semakin adem dan sejuk, apalagi jika ada sistem pengairan yang bisa dibuat seperti air gemericik. Heemm..

desain-kolam-ikan-hias-minimalis

Biarpun kecil/minimalis namun kehadiran kolam membuat suasana semakin sejuk dan alami. pics source: net

Tapi yang harus dipahami bagi kamu yang ingin membuat kolam, mmebuat kolam artinya sama dengan membuat sebuah ekosistem kecil. Ekosistemkolam adalah ekosistem di mana ikan hidup dan bergerak. Maka dari itu ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membuat kolam ikan. Mulai dari lokasi, bentuk, bahan pembuatan, hingga yang tak kalah penting adalah kesehatan kolam sendiri.Sebab jika kolam tak sehat maka ekosistem kolam bisa tergaggu dan ujung-ujungnya ikannya mati kayak ikan milik saya. :p hehee hehehee

Upaya Tetap Bersih

Kolam yang sehat bisa dilihat dari kondisi organisme yang ada, misalnya ikannya tumbuh sehat. Nah! Untuk menjaga kebersihan kolam ikan sebaiknya kolam ikan dilengkapidengan filterisasi dan sistem pipa pembuangan saluran air kotor maupun saluran air bersih.

filter kolam, dengan sistem 2 tabung

filter kolam, dengan sistem 2 tabung

Selain filter ada juga aksesori yang cukup berperan menjaga kesehatan kolam ikan, yaitu lampu UV. UV light mampu membunuh ganggang yang merugikan. Lampu UV biasanya ditenpatkan menyatu dengan filter kolam.

Banyak usaha guna menjaga kebersihan dan kesehatan kolam ikan. Ada upaya dengan menambahkan organisme ertentu ada juga yang dengan penambahan bahan kimia.

macam-jenis-tanaman-air-jenis-dan-macam-tanaman-air-tawar

Menambahkan tanaman air misalnya saja, bisa membantu menjaga air kolam tetap segar. Tapi juga harus diperhatikan, soalnya tidak smeua jenis kolam baik ditambahi tanaman air. Harus dilihat jenis ikannya. Untuk kolam ikan Koi misalnya,sebisa mungkin tidak ditambahi tanaman air yang daunnya mencapai permukaan air. Soalnya daunya bakal dilahap sama si ikan koi.

Selain itu, mengganti air secara berkala juga jadi salah satu upaya penting supaya kolam tetap sehat. Gantilah air setidaknya 6 bulan sekali. Dan juga pastikan gak ada daun, atau sampah lain yang masuk ke kolam. HORE.. plok..plok.plok

Jika kesehatan dan kebersihan kolam tidak dijaga, bukan tidak mungkin kolam ikan justru jadi kolam penampungan air yang bakal jadi sarang nyamuk. Nah loh!

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di kebunku dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke GANDRIK!! Bikin Kolam Ikan… Gak Cuma Indah, Juga Harus Sehat :D

  1. Dari hobi berkebun kamu hobi beternak ikan juga ya Pai? 😉 .

    • Rifai Prairie berkata:

      hahaha 😀 nggak juga Mbak Nell. :p sepertinya saya nggak cocok kalo ternak bangsa pisces. -_- ada juga mati semua.
      maaf ini tulisannya masih amburadul, biasa internet Indon lemot, padahal udah paket. salam buat ben yak! 🙂

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s