GANDRIK!! 4 parameter Kualitas Air

Keinginan memiliki kolam kadang tidak diimbangi dengan kemauan untuk merawat kolam itu sendiri ketika sudah jadi. Banyak kolam yang awalnya terlihat indah seiring waktu berubah jadi tidak terurus. Entah karena si pemilik sibuk atau karena faktor lain.

Padahal kehadiran kolam di area rumah, entah di halaman depan, halaman belakang atau bagian lain bisa membuat lingkungan menjadi santai dan tenang. Supaya kondisi kondisi kolam tetap sehat otomatis diperlukan upaya untuk menjaga kualitas air.

ya.ya.ya angguk-anggukNah berikut ini beberapa parameter kualitas air yang perlu diperhatikan:

Suhu Air.

anoan

Suhu air bisa mempengaruhi vegetasi air dan permintaan oksigen dalam kolam. Kalau suhu air meningkat maka otomatis kandungan oksigen dalam air akan menurun. Hal itu menyebabkan speses ikan dan tanaman yang ada di dalam kolam membutuhkan lebih banyak oksigen soalnya tingkat respirasinya meningkat.

Pada dasarnya, ikan-seperti ikan Koi- tidak memiliki masalah dengan suhu air. Umumnya semua ikan bisa kuat menghadapi perubahan suhu. Namun kalau ada perubahan ekstrem tentu bakal berpengaruh ke ikan. Misalnya kita baru beli ikan Koi dari Jepang, tentu saja si ikan perlu beradaptasi terlebih dahulu dengan air Indonesia. :p hehee hehehee

Caranya bisa dengan memasukan ikan Koi ke dalam kolam terpisah, dalam kolam itu suhu air disamakan dnegan suhu air yang dibawa dari Jepang. Lambat laun nanti suhunya dinaikan atau diturunkan menyesuaikan suhu air Indonesia.

Untuk ikan Koi sebaiknya temperatur airnya berada di kisaran 22-28 derajat celcius. Peruahan suhu juga bisa mempengaruhi kebiasaan ikan. Suhu yang rendah/dingin akan menyebabkan nafsu makan ikan menurun. Karena metabolisme ikan juga menurun, hal ini mengakibatkan ikan kurang aktif.

koi-o

Jika suhu air menurun, sebaiknya pemberian makanan dikurangi, hal ini mencegah supaya makanannya tidak termakan. Kalau makanannya nggak termakan otomatis bisa mengendap dalam kolam dan membusuk lalu mengkontaminasi air kolam

Keasaman dan Kebasaan

jenis-makanan-bersifat-asam-basa

Masih ingat zaman SMA kan?. Bagi anak IPA pasti sudah tahu tentang Asam dan basa. Asam dan basa air diukur dengan Ph meter. Keasaman air juga turut mempengaruhi kesehatan ikan. Derajat keasaman diukur oleh kuantitas hidrogen dan hidroksil yang ada dalam air kolam.

ph meter

Ph meter

Skala pengukurannya mulai 1-14. Jika ion Hidrogen terlalu banyak maka PH terlalu asam. Sedangkan jika hidroksilnya lebih tinggi maka air tersebut terlalu basa atau alkali. Air kolam ikan umumnya butuh derajat keasama 6,9-8. Angka ini mendekati nilai normal derajat keasaman.

Ada banyak kemungkinan penyebab mengapa nilai PH berada dibawah atau diatas batas normal. PH yang turun bisa disebabkan banyaknya asam karbon dari sisa metabolisme ikan (zat amonia). Hla ini dipicu karena filter tidak bisa bekerja dnegan baik dan air kolam tidak diganti secara rutin. Kalau PH air diatas normal, bisa jadi karena terlalu banyak tanaman air dalam kolam.

memberimakankoi_thumb

                 Beri makan Ikan secukupnya. Kalau terlalu banyak makanan akan membusuk dan membuat kerja filter semakin berat

Oleh karena itu untuk menjaga PH diperlukan filter yang tepat. Filter biologi setidaknya bisa menurunkan nilai PH dengan mengibah zat amonia.Selain itu jumlah air hujan yang mausk ke dalam kolam juga harus diperhatikan. Soalnya kadar PH air hujan berada di bawah 7. Sebaiknya diatas kolam diberi peneduh, sehingga tidak semua air hujan masuk ke dalam kolam.

Selain itu juga harus diperhatikan jumlah tanaman air di dalam kolam. Jangan sampai terlalu berlebihan. Yang terpenting lagi adalah mengganti air kolam setap enam bulan sekali. 😀

Kandungan Oksigen

oksidasi-300x182

Kandungan Oksigen dalam air sangat penting. Soalnya ikan bernafas ngambil oksigen (-_- ya iyalah..) Untuk ikan Koi kandungan oksigen yang dibutuhkan sekitar 6mg/ltr. Kalau kadar Oksigen dalam air kurang yaa.. ikannya bisa sekarat bahkan mati.

Seperti yang udah dibahas diawal, Kandungan Oksigen erat kaitannya dnegan suhu air. Kalau suhunya nak maka kandungan oksigennya turun dan sebaliknya. Selain karena faktor suhu, adanya tanaman air juga mempengaruhi. Walaupun ketika siang tanaman bisa menghasilkan Oksigen saat fotosintesis, namun saat malam tanaman air justru menyerap Oksigen. Selain itu jumlah ikan yang terlalu banyak juga bisa mempengaruhi kadar Oksgen dalam kolam, buruknya sirkulais dan minimnya aerasi turut andil dalam berkurangnya O2 dalam air kolam.

aeratoraerator-venturi-3

Untuk menjaga kandungan Oksigen maka dibutuhkan sistem Aerasi yang baik. Yaitu sistem untuk meningkatkan kandungan Oksigen dalam air. Maka dibuuhkan Aerator.

Kandungan Garam..

Kalau yang ini terutama bergantung jenis ikannya. :p hehee kalao air laut yaa jelas harus memakai air yang kadar garamnya sesuai sama ir laut, jangan pakai air tawar :p wkwkBeda lagi dengan kolam air tawar, kolam air tawar boleh mengandung sedikit garam. Kok?. Soalnya kandungan garam bisa menetralkan zat amonia dan Nitrat.

Kadar garam yang diizinkan untuk air kolam ikan Koi adalah 0,15-0,20%. Kandngan garam yang terlalu tinggi bisa merusak tanaman air. Juga bisa mempengaruhi kerja batu Zeolit pada filter.

Ada banyak kegunaan kandungan garam di dalam air koam. Kandungan garam bisa mengurangi gesekan air dengan badan ikan sehingga ikan bisa berenang dnegan mudah. Jadi ikan bisa menghemat energinya, energi itu bisa tersimpan dan digunakan uat sistem kekebalan ikan dalam melawan penyakit.

Untuk mengukur kadar garam bisa memakai alat Salinity meter. Harganya kurnag lebih sekitar Rp 700 ribu-Rp.800 ribu

salinity meter

salinity meter

Info Source: Tabloid rumah. Internet

Pics source: Internet

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke GANDRIK!! 4 parameter Kualitas Air

  1. putrijeruk berkata:

    mas rifaiiiii, bantuin rawat kolam aku dong :p

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s