GANDRIK!! Yuk Pelihara Udang!

😀 wahaa kali ini saya mau makan Udang, eh! Salah mau bahas soal Udang maksudnya. Ya! Binatang dengan jumlah huruf pada namanya paling dikit U dan G. :p wekekek

Eits! Tapi ini bukan udang biasa lho! Ini adalah spesies udang aneka warna, ada kuning, merah, hijau, merah strip putih, dll. Namanya Bee Shrimp. Karena cuman buat hiasan jadinya yaa.. paling mentok pas dewasa si udang lucu ini panjangnya cuman 15 Cm. Tuh kan! Nggak repot!

shrimpp red-bee-shrimp

Awalnya Bukan Peliharaan

Memang agak aneh kalo ada orang yang pelihara (Cuma) udang di akuariumnya. Awalnya si bee Shrimp ini juga bukan peliharaan utama, melainkan Cuma jadi pelengkap buat aquascape alias membuat landscape di dalam akuarium. Udang aneka warna menjadi salah satu penghuni hutan bawah air yang menyala.

Tapi sekarang udah beda lho.. soalnya trennya sudah ada yang menjadikan si bee shrimp ini sebagai peliharaan utama. Pelopornya adalah negara Jepang dan Taiwan. Lalu menyebar ke Singapura, Indonesia, dan sekarang sudah hampir di semua negara ada aja yang mengikuti. Cuman Saya yang nggak ikut, takut si udang malah mati ntar! 😀 gahaha  HORE.. plok..plok.plok

Soal makanan ternyata si bee shrimp ini nggak repot lho! Mereka doyan pakan kering (pelet). Malah ada juga beberapa spesies yang nggak perlu dikasih makan, mereka lebih suka mandiri alias cari makan sendiri berupa lumut dan plankton. Cuma yang harus diperhaikan tentu gimana caranya supaya lingkungan akuarium sesuai sama kebutuhan mereka, :p hehee

shrimp blue tiger shrimp green lantern shrimp golden

Di tempat asalnya yaitu di sungai-sungai di Jepang dan Taiwan, Bee shrimp hidup dalam suhu rendah/dingin. Jadi pastikan memelihara mereka sesuai habitatnya agar kecerahan warnanya tetap terjaga. Bisa dengan menaruh akuarium di ruangan ber-AC atau memberi Fan khusus buat akuarium. Suhu yang diperlukan bee shrimp untuk hidup sekitar 22-23 Derajat Celcius.

Selain suhu, Ph air juga sangat mempengaruhi kelangsungan hidup udang imut ini. Beberapa jenis udang ini hanya mampu hidup dalam air yang ber-Ph 5,0-6,5. Padahal biasanya pH air keran terlalu tinggi. Bisa diakali dengan menurunkan pH air. Banyak cara menurunkan pH air, salah satunya adalah memakai beberapa jenis tanaman dan kayu tertentu. Seperti kayu jenis drift wood. Atau bisa juga memaki air mineral, karena pH-nya mendekati.

Jangan lupa ganti air tiap dua minggu sekali. Cukup kurangi air 2-3 liter lal isi dengan air yang baru. Untuk mempertahankan warna si udang, bisa dengan menambahkan beberapa mineral yang dibutuhkan si udang.

Sepertinya ribet tapi kalau sudah terbiasa kalian pasti berpikir sebaliknya. Soalnya si udang ini makannya nggak banyak, sekali makan bisa untuk dua tiga hari. Beda dengan ikan yang harus diberi makan 3 kali sehari -_-. Selain itu kita juga nggak ribet sama kotorannya.

About Red Bee Shrimp!

  • Untuk jenis bergaris, makin banyak warna putihnya makin bagus.
  • Untuk menjaga warna putihnya, beri makan bengkuang dingin seminggu sekali.
  • Beri makan bayam dingin seminggu sekali biar sehat 😀
  • Kalau ada yang hamil segera pisahkan dari yang lain.

 

Peralatan Memelihara Bee Shrimp

Untuk Habitat

  • Akuarium
  • Pasir Khusus
  • Kayu Drift wood
  • Batu Crimson Ball
  • Air mineral

 

Untuk Kesehatan

  • Makanan keinrg/pelet
  • Baby food (untuk yang anakan)
  • Vitamin dan mineral
  • Tester pH dan TDS
  • Tester elektronik
Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di ikan, Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke GANDRIK!! Yuk Pelihara Udang!

  1. arip berkata:

    Kalau digoreng enak ga bee shrimp ini?

  2. mysukmana berkata:

    Udang ato seafood makanan fav sy mas..

  3. dennypras berkata:

    Saya pernah memelihara beberapa di antaranya, emang cakep sich. Sekarang lebih suka memelihara udang karang laut aja lebih warna warni hehehe

  4. luxi89soulmate berkata:

    Kalo gue, bakalan abis dimakan dah..wkwkkw

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s