Penyebab Gagal Tanam

Catatan 24 Oktober 2016

Tolong Saya sodara Blogger…. lari-ketakutan

Melon..

Semangka..

Cabe..

Tomat..

Dan hampir semua tanaman yang saya tanam gagal panen! T..T hiks.hiks. nangis-dibalik-bantal

Semuanya bermula gara-gara hujan yang mendadak, kalau nggak salah sih mulai bulan September 2016 kemarin. Bahkan sampai-sampai kota Pekalongan kebanjiran. Yaa.. itu kan kota tempat guru gue, Al Habib Lutfi bin Yahya tinggal.. semoga Beliau sehat selalu. Aaammiin.. terpesona.gif

Mulanya Emak gue bertanam mulai bulan Mei. Beliau nanam banyak banget bibit melon. Cuma sayangnya gue waktu itu masih males ngurusin, soalnya masih sering ada hujan. Dan kendala kalau ada hujan adalah… banyaknya serangga, Kelembaban yang tinggi, dan masih banyak jamur/bakteri yang bisa bikin busuk.

Akhirnya di akhir bulan Juni gue mulai menyemai bibit, pertama gue isi bibit Melon, lalu beli semangka kuning dan isinya gue jadiin bibit. Juga ada beberapa batang cabai dan sawi.

(Ini foto pas mulai awal nanam sampai cukup besar)

Pada bulan Juni (akhir) sampai Agustus semuanya berkembang sehat dan subur. Tiap sore gue siramin pakai ember bekas kaleng cat, gue bawa sekitar 10 meter dari rumah.

Kadang pagi kalo libur kerja juga gue siram. Dan bencana itu tiba…

HUJANNN… DATANG..!

Pada Pertengahan September. Padahal waktu itu Melon gue sedang berbunga dan rajin-rajinnya berbuah. Dan setiap hari diguyur hujan. Melon gue pun berguguran.

Belum lagi gangguang dari ternak tetangga berupa KFC hidup, alias ayam yang dibiarkan mondar-mandir cari makan sendiri dan jadilah melon-melon kesayangan gue sebagai tumbal. Banyak yang dipatukin ayam. Dan lalu kena hujan, akhirnya membusuk.

foto2810

dipatokin ayam tetangga

foto2811

membusuks

“HUUAAAA…!!!”

Kenapa ini terjadi..??

“Ini mangsanya (musimnya) Rendheng Kembar” Kata ibu saya, menurut beliau ini musimnya penghujan kembar.

-_- Sementara menurut gue ini adalah El Nino dimana musim penghujannya dua kali lebih panjang!. Dan akibatnya gue gagal panen.

Tapi setelah gue pikir… ini bukan Cuma karena El Nino. Lha yang melahirkan El Nino itu siapa??!. Tuhan? Itu sih jawaban ngasal… Coba kita cermati lagi!. Terjadinya fenomena perubahan iklim, cuaca yang tak menentu dan pergeseran sistem di alam ini sebenarnya karena adanya perubahan besar di alam.

Ya! Perubahan yang menyangkut sistem di Udara, Tanah, dan Air. Dan semua itu disebabkan oleh makhluk paling erdas di muka bumi yaitu Anda! Ya, Anda sebagai manusia. Eits! Anda jangan nyalahin saya, saya kan manusia setengah rakun! :p hehe

Begitulah kenyataan yang terjadi. Gue nggak bisa nyalahin alam kalau alam marah, atau membuat suatu keadaan yang kurang menyenangkan bagi kehdupan makhluk di bumi. Toh smeua itu diawali oleh manusia sendiri, dan saya musti mawas diri.

Ini Cuma contoh kasus kecil yang terjadi pada saya. Seorang Rifai Ar Riyadh. Individu yang menjadi bagian terkecil dari sebuah kehidupan di bumi!.

BAGAIMANA EFEK PERUBAHAN IKLIM MEMPERNGARUHI ORANG-ORANG DI LUAR SANA?? tanda-tanya

Inilah mungkin yang dipikirkan Al Gore siang malam. Mungkin kita belum menemukan dampak besar dari krisis iklim,krisis lingkungan, dan apa pun lah anda menyebutnya. Tapi kita perlu berfikir apa puncak dari smeua ini. Aakah akan seperti film “2012” atau film-film fiksi lain yang menyajikan kehidupan di bumi menjadi tak layak dihuni?

Ini PR (Pekerjaan Rumah) bagi kita semua! angguk-angguk

Oh iya, inilah hasil “Panen Prematur” dari kebun gue, Hmmm mengecewakan memang!!!

Iklan

Tentang Rifai Prairie

Rifai Prairie bekerja sebagai office cleaning and maintenance dan juga gardener di salah satu sekolah menengah atas di kab Gresik. Hobi menulis, berkebun, menggambar dan membaca.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s