Nikah sama Single Mom???

meme-janda-cantik

S.sa.saya belom siapp..

Beberapa dekade ini saya mengamati makin runyamnya dunia pernikahan. Ada apa gerangan? Kenapa kok banyak perselisihan.

Pernah suatu ketika saat akan ada acara seminar, dengan ending acara rekreasi dan menginap sekeluarga. Ada sebuah nama yang aneh. Nama semua peserta beserta keluarga yang ikut ada di data itu. Lalu..

“Ini Bu Mi.. kok status lajang? Tapi keterangan keluarga yang ikut anak satu!!”

“iyee dia kan jandaa..” Kata Bu Aisi dengan nada merendahkan.

Ooo.. baru ngeh saya! a.apa gak percaya.gif

Lalu saya pun melakukan penyelidikan macam duo detektif upin dan ipin.. kembar seiras itu biasa..la.la.la haahh malah jadinya nyanyi -_-

Ternyata ada dua single Mom di tempat kerja saya dan parahnyaa.. dua-duanya sama cantiknya, sama putihnya, slim pula. 😀 WAAAA….

Sempat kepikiran mau saya kencani salah satunya tapi….

Kalo Bu Mi… anaknya udah SD, repot!!

Kalo bu Wi, anaknya malah udah SMA, yang satu agi sudah TK.

AAARRRGGHHH!!! NGGAK MAUU!!! Ngamuk Kesurupan.gif

Akhirnya gue memutuskan buat ngebatalin rencana married sama single mom.

Tapi katak Emak saya…

Emak: “Cari Janda itu ya nggak apa-apaa..”

Saya: “Iya-iya (sambil manggut-manggut!), orangnya cantk-cantik Mak!”

Emak: “Cantik?. Hatinya gimanaa??”

Saya: “Eh?? Ya.yaa insyaallahh..”

Emak: “kalo mau nikah sama Janda, itu yang nggak “paketan””

Aih! Emak saya jadi gila kalau ngomong Bab itu, ada apa pula denga para janda sehingga bisa jadi macam SIM Card, tinggal pilih paket internet, paket SMS, ada-ada aja!

Emak: “Maksudnya jangan yang punya anakkk..”

Oooo..

Akhirnya gue merenung.. dan setelah saya berkunjung ke Mbah Google akhirnya sebagian pertanyaan saya terjawab. Kenapa Emak melarang saya nikah sama single Mom?!..

Ternyataa.. itu karena demi kebaikan saya juga dan si mom tadi. Kalau suatu saat terjadi apa-apa gimana. Yang repot kan persoalan si anak! Nah, ini nih problem para orang tua yang nggak bisa kompak, lalu cerai. Anak tetap yang jadi korban perang!!

Dan si anak ini bisa jadi pemantik problem baru di kehidupan baru ibunya. Kok bisa? Yaa bisa saja, misal si anak ikut ibu. Lalu ibunya nikah lagi. Ayahnya nggak terima dan akhirnya memperebutkan hak asuh. Ee wait! Ini mirip sinetron india kemaren ya?

Selain itu kehadiran anak yang belum tentu bisa menerima orang tua baru kadang juga menjadi batu sandungan tersendiri.

Pernah saya baca juga bahwa dalam salah satu Hadist Nabi, dikatakan bahwa menikahi gadis, atau janda yang tak punya anak lebih baik ketimbang menikahi janda beranak. Oke tapi mohon dicari sendiri ya hadist-nya, saya nggak mau dianggap memprovokasi dan sebagainya. Hehee

At Least…. satu pertanyaan yang belum terjawab.

Para single mom yang saya temui itu…

CANTIK!

SEXY

PINTER!

BERPENGHASILAN CUKUP!

DARI KELUARGA KAYA-DAN BAIK-BAIK.

Lalu.. kenapa bisa cerai ya? tanda tanya.gif Hmmm ternyata tak selamanya keakuran pasangan itu bisa tumbuh lewat hal-hal itu.

😀

Iklan
Dipublikasi di Harian, Uncategorized | Tag , , , | 9 Komentar

Perlu renungan kemerdekaan

1408237085857156853

Lama gak ngeblog. Hehee oke langsung aja deh! ali_116a.gif

Hari ini di sekolah tempat kerja saya jadi gardener…

HOREE…

PLAKK!! JDUNG..

CIHUUYY!!

AYO! AYO!!

Hadeehh berisik banget yak?!! Maklum teman-teman ternyata lagi ada lomba 17 agustus. Yeay!! Ini emang sudah rutinitasnya semua sekolah seantero Indonesia dalam memeriahkan HUT NKRI. Apalagi sekarang usia bangsa kita Indonesia sudah tua, yaitu 71 Tahun. Ya!! 71 tahun kita sudah merdeka Coy!!!!ali_031.gif

Yang jelas semua jadi meriah, guru dan beberapa staff yang nganggur juga bisa leha-leha beristirahat. Ya iyalah.. masa disuruh ngajar terus!.

Tapi ada juga yang nggak kebagian slot ikutan lomba dan akhirnyaaa.. cuman ngendon di kantin. Ada juga yang sembunyi di perpustakaan, bahkan karena pagar pembatas di sekolah saya masih Cuma pagar duri, akhirnya ada juga tuh yang nyemplung ke sawah dekat sekolah. Mau ngapain Dek? Cari kodok??

Menurut saya selayaknya kalau memang ada acara semacam itu semuanya harus bisa dilibatkan dan diikutsertakan. Coba kita hitung….

Lomba makan kerupuk Cuma diwakili 1 orang

Tarik tambang 5 orang mentok 7 orang

Lomba balap karung 1 orang

Lain-lain paling 5 orang..

Total Cuma 18 orang, padahal satu kelas biasanya ada 32 anak. Sisanya ke manaa??? ali_066.gif

Tapi selain lomba.. menurut saya yang harus dilakukan oleh pihak sekolah dan semua instansi di negeri ini adalah melakukan.. hari perenungan nasional!! Mana bisa jiwa nasionalisme dan patriotisme Cuma dibentuk pas upacara?? Kalau pun ada malam perenungan… paling Cuma 2 jam selesai.

“Kadar kecintaan seorang pada negaranya tergantung kecintaannya pada tanag airnya!!” Itu kalimat yang pernah saya dengar dari guru saya Al Habib Lutfi binYahya dari Pekalongan.

Tak Cuma sekadar memberi kalimat mutiara saja namun beliau juga memaparkan ironi masa kini. Kita lihat bagaimana anak muda sekarang lebih senang budaya luar daripada budaya bangsa sendiri. Lebih suka pakai merk luar daripada memakai produk lokal!. Bahkan lebih suka makan makanan luar yang notabene kadang kurang menyehatkan dibanding makan makanan tradisional yang jelas lezat dan menyehatkan!!

Jika bukan kita yang mencintai bangsa ini, jika bukan kita yang menghargai negara ini!!, lalu siapa? Apa mau nunggu bangsa lain yang akan menghargai? Kalau memang gitu yaa sekalian aja undang lagi Belanda, suruh menjajah.

Sudah selayaknya kita memupuk nasionalisme generasi penerus. Tidak cukup dengan enungan semalam, namun renungan yang berkepanjangan. Dengan mengadakan berbagai event yang bercirikan nasionalisme, juga lewat kebjakan publik yang mengutamakan kekayaan lokal.

Okelah. Sampai sini dulu.. hehee semoga nyampai di HUT NKRI tahun depan yang ke 72. Dan saya masih bakal terus melakukan perenungan kemerdekaan ini. hehee

Dipublikasi di Harian, Uncategorized | Tag , , | 2 Komentar

GANDRIK!! Blogger Menggugat!

ali_103Beberapa hari ini saya mulai aktif berselancar di dunia blog lagi. Ada banyak hal yang menurut saya mulai berubah di dunia komunitas menulis ini. Berkaitan dengan diri saya, saya masih bersyukur punya 100 teman (follower) yang setia. Sedihnya traffick saya sempat turun. :p hehee wkwkwk

me when blogging

Gaya saya kalo lagi ngeblog :p

Terlepas dari itu semua, saya memulai komitmen baru untuk terus menghadirkan tulisan tiap minggu, minimal dua postingan. Meskipun bagi yang senang ngeblog hal itu dirasa sangat kecil tapi buat saya hal semacam itu butuh usaha ekstra.

Ada banyak teman blogger yang belum sempat saya kunjungi.:p hehee maaf. Tapi ada juga beberapa yang selalu saya kunjungi, salah satunya blog milik Mbak Nella dan milik saudara spesies saya si beruk luxi89. 😀 bersyukur mereka masih aktif dalam kancah blogger.

mstock-footage-attractive-business-woman-working-with-computer-in-office

Semoga masih banyak cewek cantik yang rajin ngeblog di Wp 😀

m Computer-Training

Namun dari 100 teman yang bisa saya visit tadi ternyata ada fakta miris bahwa banyak blog yang sudah mati. Sering saya jumpai tulisan this site was no longer available. Kalo pas saya visit dan nemuin blog kayak gini rasanya speechless, sakitnya tuh di sini.. membuat saya pengen bilang “Tadi ngapain gua klik!!”

Ada pula yang baru-baru ini menggunakan sistem proteksi berlebih. Padahal sudah jelas sesama member WordPress tapi entah kenapa saya tak bisa membuka blog si teman ini tadi.

Dari 100 teman tadi, Wp sudah menyaringnya menjadi beberapa list bergantung tanggal mereka follow blog saya. Ada yang sudah hampir dua tahunan mengikuti, tapi ada pula yang baru-baru. Mirisnya nggak Cuma yang follower lama yang tidak aktif, bahkan follower yang terhitung baru pun sudah ada yang tidak aktif. Ck.ck.ck

Buat saya ini miris mengingat selama saya ngeblog sejak 2 tahunan lalu, kancah WordPress selalu ramai. Bisa dibilang wp adalah komuniats yang cukup solid. Disokong pula beberapa nama terkenal (dalam dunia maya) yang memakai wp. Salah satunya Ndorokakung. Bahkan saya juga membuat tagline pada judul yang terinspirasi beliau, kalau beliau menulis pecasndahe, maka saya menulis GANDRIK!!. ya.ya.ya angguk-angguk

Tak bisa dipungkiri munculnya berbagai medsos baru dan banyak situs miniblog membuat kancah wp mulai sepi. Benera!! Ini saya rasakan sendiri. Dari sepuluh blog teman yang saya kunjungi, biasanya saya hanya mendapati 4 atau 5 blog yang aktif. Yang lainya non-aktif atau masih aktif tapi sudah kadaluarsa, alias postinganya udah lamaaa banget!.

Saya sendiri termasuk pribadi simpel yang tak mau terlalu banyak memiliki akun sosmed. Saya punya Fb, twitter, dan beberapa hari lalu mau bikin instagram tapi gak jadi. Tapi saya jarang pakai twitter, lebih suka Fb. Kalau soal keaktifan saya selalu aktif di Wp ini, dan ada angan untuk lebih aktif di blog sebelah yang digawangi google.

Yaa lewat tulisan ini saya Cuma sekedar mau menghimbau agar teman-teman blogger wpegera balik. :p hehee paling tidak upayakan menulis seminggu dua kali seperti saya 😀 jangan sampai blognya kadaluarsa apalagi mati.

See you next time. Salam rajin ngeblog.. J

Dipublikasi di Uncategorized | 7 Komentar

GANDRIK!! Yuk Pelihara Udang!

😀 wahaa kali ini saya mau makan Udang, eh! Salah mau bahas soal Udang maksudnya. Ya! Binatang dengan jumlah huruf pada namanya paling dikit U dan G. :p wekekek

Eits! Tapi ini bukan udang biasa lho! Ini adalah spesies udang aneka warna, ada kuning, merah, hijau, merah strip putih, dll. Namanya Bee Shrimp. Karena cuman buat hiasan jadinya yaa.. paling mentok pas dewasa si udang lucu ini panjangnya cuman 15 Cm. Tuh kan! Nggak repot!

shrimpp red-bee-shrimp

Awalnya Bukan Peliharaan

Memang agak aneh kalo ada orang yang pelihara (Cuma) udang di akuariumnya. Awalnya si bee Shrimp ini juga bukan peliharaan utama, melainkan Cuma jadi pelengkap buat aquascape alias membuat landscape di dalam akuarium. Udang aneka warna menjadi salah satu penghuni hutan bawah air yang menyala.

Tapi sekarang udah beda lho.. soalnya trennya sudah ada yang menjadikan si bee shrimp ini sebagai peliharaan utama. Pelopornya adalah negara Jepang dan Taiwan. Lalu menyebar ke Singapura, Indonesia, dan sekarang sudah hampir di semua negara ada aja yang mengikuti. Cuman Saya yang nggak ikut, takut si udang malah mati ntar! 😀 gahaha  HORE.. plok..plok.plok

Soal makanan ternyata si bee shrimp ini nggak repot lho! Mereka doyan pakan kering (pelet). Malah ada juga beberapa spesies yang nggak perlu dikasih makan, mereka lebih suka mandiri alias cari makan sendiri berupa lumut dan plankton. Cuma yang harus diperhaikan tentu gimana caranya supaya lingkungan akuarium sesuai sama kebutuhan mereka, :p hehee

shrimp blue tiger shrimp green lantern shrimp golden

Di tempat asalnya yaitu di sungai-sungai di Jepang dan Taiwan, Bee shrimp hidup dalam suhu rendah/dingin. Jadi pastikan memelihara mereka sesuai habitatnya agar kecerahan warnanya tetap terjaga. Bisa dengan menaruh akuarium di ruangan ber-AC atau memberi Fan khusus buat akuarium. Suhu yang diperlukan bee shrimp untuk hidup sekitar 22-23 Derajat Celcius.

Selain suhu, Ph air juga sangat mempengaruhi kelangsungan hidup udang imut ini. Beberapa jenis udang ini hanya mampu hidup dalam air yang ber-Ph 5,0-6,5. Padahal biasanya pH air keran terlalu tinggi. Bisa diakali dengan menurunkan pH air. Banyak cara menurunkan pH air, salah satunya adalah memakai beberapa jenis tanaman dan kayu tertentu. Seperti kayu jenis drift wood. Atau bisa juga memaki air mineral, karena pH-nya mendekati.

Jangan lupa ganti air tiap dua minggu sekali. Cukup kurangi air 2-3 liter lal isi dengan air yang baru. Untuk mempertahankan warna si udang, bisa dengan menambahkan beberapa mineral yang dibutuhkan si udang.

Sepertinya ribet tapi kalau sudah terbiasa kalian pasti berpikir sebaliknya. Soalnya si udang ini makannya nggak banyak, sekali makan bisa untuk dua tiga hari. Beda dengan ikan yang harus diberi makan 3 kali sehari -_-. Selain itu kita juga nggak ribet sama kotorannya.

About Red Bee Shrimp!

  • Untuk jenis bergaris, makin banyak warna putihnya makin bagus.
  • Untuk menjaga warna putihnya, beri makan bengkuang dingin seminggu sekali.
  • Beri makan bayam dingin seminggu sekali biar sehat 😀
  • Kalau ada yang hamil segera pisahkan dari yang lain.

 

Peralatan Memelihara Bee Shrimp

Untuk Habitat

  • Akuarium
  • Pasir Khusus
  • Kayu Drift wood
  • Batu Crimson Ball
  • Air mineral

 

Untuk Kesehatan

  • Makanan keinrg/pelet
  • Baby food (untuk yang anakan)
  • Vitamin dan mineral
  • Tester pH dan TDS
  • Tester elektronik
Dipublikasi di ikan, Uncategorized | Tag , , , , , | 7 Komentar

GANDRIK!! Memilih Ikan Koi-Yang Lokal atau Yang Impor

ali_103

😀 hahaa kemarin sehabis membahas mengenai kolam ikan, sekarang kita bahas penghuninya. Kalau kolam sudah jadi, sudah ada filternya dan aeratornya, maka tinggal memiloih jenis ikan sebagai penghuninya. Salah stau yang jadi favorit adalah ikan dengan warna dan corak menawan, yaitu ikan jenis Koi dan emas.

Bahkan sampai saat ini jenis Koi seolah jadi rajanya kolam, soalnya banyak sekali pembeli yang tertarik dengan ikan jenis ini sebagai penghuni kolam hiasnya. Meskipun ada juga yang diisi dengan ikan hias jenis lain. Atau malah ada yang diis ikan mujair atau gurame dengan alasan kalo sudah besar tinggal digoreng. Mungkin saya juga termasuk yang tipe kedua ini :p hehehee nyam..nyam. maem

Apa Bedanya Koi Lokal dan Koi Import??

Menurut sejarahnya, warna Koi bermula dari ikan karper di persia yang bermigras sampai ke Cina. Mungkin mereka ikut kata bijak “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.” Hehee Setelah migrasi ke Cina lalu masuk ke Jepang melalui jaur perdagangan. Mulanya warna koi berbeda-beda, maksudnya mereka Cuma punya satu warna aja, misalnya merah, hitam, putih, dan emas. Nah setelah dikawin silangkan setelah beberapa generasi maka lahirlah ikan Koi seperti kebanyakan yang ada di pasaran sekarang. Warnanya sudah nyampur nggak karuan :p hehee ya.ya.ya angguk-angguk

Ada 80 lebih jenis ikan Koi. Dan pastinya anda tidak akan hafal satu persatu nama dan ciri-cirinya, apalagi saya. 😀 kecuali para hobiis. Beberapa jenis nama ikan Koi antara lain, Kohaku, Sanke, Utsurinomo, dan Koromo. Mungkin si pemilik malah tidak tahu jenis ikan koi yang dipilih, yang penting Koi dipelihara karena warnanya cantik, kuat, dan mudah dipelihara. :p hehee

Yang ini udah pasti Import, tuh yang nernak aja import :p wkwkwk

Yang ini udah pasti Import, tuh yang nernak aja import :p wkwkwk

Baik Koi lokal maupun Koi import sebenarnya nggak ada bedanya, mereka masih satu garis keturunan. Cuma beda “akta kelahiranya” aja. Kalo yang lokal lahir di Indonesia, yang Import kebanyakan lahir di Jepang. Mereka yang udah ahli dalam bidang per-Koi-an pasti bisa membedakan antara Koi lokal dan Koi import. Koi Import bentuknya kecil membulat, sedangkan Koi Lokal lebih pipih. Soal warna Koi Lokal yang masih muda, usia 2-3 bulan terlihat bagus, stabil di usia2 tahunan, dan memudar di usia 4 tahun. Sebaliknya Koi impor muda belum terlihat mencorong namun semakin bertambah umurnya akan semakin menarik.

kalo campur aduk begini... susah dibedain :D

kalo campur aduk begini… susah dibedain 😀

Masing-masing memiliki daya tarik, daya tahan, dan harga yang berbeda.

Koi lokal memng lebih tangguh, dan harganya lebih murah. Sedangkan Koi Import daya tariknya lebih tinggi dan harganya lebih mahal karena faktor biaya perawatan dan biaya impornya. Unutk Koi lokal ukuran 20 cm harganya sekitar Rp.50.000,-200.000 sedangkan yang import bisa mencapai Rp. 2 juta.

Jenis Makanan

Kalo kita pergi ke toko ikan hias… banyak sekali jenis makanan buat Koi. Mulai yang dikemas dengan rapi dan dilabeli merk tertentu sampai yang Cuma dibungkus ala kadarnya. Yang jelas kita harus cermat dalam memilih makanan ikan koi, sebab makanan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan badan Koi dan keluarnya warna yang indah dari bada si Koi. Tersedia juga makanan yang fungsinya cuman buat ngenyangin si Koi saja, alias cuman buat cemilan.

 

Dipublikasi di kebunku | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

GANDRIK!! 4 parameter Kualitas Air

Keinginan memiliki kolam kadang tidak diimbangi dengan kemauan untuk merawat kolam itu sendiri ketika sudah jadi. Banyak kolam yang awalnya terlihat indah seiring waktu berubah jadi tidak terurus. Entah karena si pemilik sibuk atau karena faktor lain.

Padahal kehadiran kolam di area rumah, entah di halaman depan, halaman belakang atau bagian lain bisa membuat lingkungan menjadi santai dan tenang. Supaya kondisi kondisi kolam tetap sehat otomatis diperlukan upaya untuk menjaga kualitas air.

ya.ya.ya angguk-anggukNah berikut ini beberapa parameter kualitas air yang perlu diperhatikan:

Suhu Air.

anoan

Suhu air bisa mempengaruhi vegetasi air dan permintaan oksigen dalam kolam. Kalau suhu air meningkat maka otomatis kandungan oksigen dalam air akan menurun. Hal itu menyebabkan speses ikan dan tanaman yang ada di dalam kolam membutuhkan lebih banyak oksigen soalnya tingkat respirasinya meningkat.

Pada dasarnya, ikan-seperti ikan Koi- tidak memiliki masalah dengan suhu air. Umumnya semua ikan bisa kuat menghadapi perubahan suhu. Namun kalau ada perubahan ekstrem tentu bakal berpengaruh ke ikan. Misalnya kita baru beli ikan Koi dari Jepang, tentu saja si ikan perlu beradaptasi terlebih dahulu dengan air Indonesia. :p hehee hehehee

Caranya bisa dengan memasukan ikan Koi ke dalam kolam terpisah, dalam kolam itu suhu air disamakan dnegan suhu air yang dibawa dari Jepang. Lambat laun nanti suhunya dinaikan atau diturunkan menyesuaikan suhu air Indonesia.

Untuk ikan Koi sebaiknya temperatur airnya berada di kisaran 22-28 derajat celcius. Peruahan suhu juga bisa mempengaruhi kebiasaan ikan. Suhu yang rendah/dingin akan menyebabkan nafsu makan ikan menurun. Karena metabolisme ikan juga menurun, hal ini mengakibatkan ikan kurang aktif.

koi-o

Jika suhu air menurun, sebaiknya pemberian makanan dikurangi, hal ini mencegah supaya makanannya tidak termakan. Kalau makanannya nggak termakan otomatis bisa mengendap dalam kolam dan membusuk lalu mengkontaminasi air kolam

Keasaman dan Kebasaan

jenis-makanan-bersifat-asam-basa

Masih ingat zaman SMA kan?. Bagi anak IPA pasti sudah tahu tentang Asam dan basa. Asam dan basa air diukur dengan Ph meter. Keasaman air juga turut mempengaruhi kesehatan ikan. Derajat keasaman diukur oleh kuantitas hidrogen dan hidroksil yang ada dalam air kolam.

ph meter

Ph meter

Skala pengukurannya mulai 1-14. Jika ion Hidrogen terlalu banyak maka PH terlalu asam. Sedangkan jika hidroksilnya lebih tinggi maka air tersebut terlalu basa atau alkali. Air kolam ikan umumnya butuh derajat keasama 6,9-8. Angka ini mendekati nilai normal derajat keasaman.

Ada banyak kemungkinan penyebab mengapa nilai PH berada dibawah atau diatas batas normal. PH yang turun bisa disebabkan banyaknya asam karbon dari sisa metabolisme ikan (zat amonia). Hla ini dipicu karena filter tidak bisa bekerja dnegan baik dan air kolam tidak diganti secara rutin. Kalau PH air diatas normal, bisa jadi karena terlalu banyak tanaman air dalam kolam.

memberimakankoi_thumb

                 Beri makan Ikan secukupnya. Kalau terlalu banyak makanan akan membusuk dan membuat kerja filter semakin berat

Oleh karena itu untuk menjaga PH diperlukan filter yang tepat. Filter biologi setidaknya bisa menurunkan nilai PH dengan mengibah zat amonia.Selain itu jumlah air hujan yang mausk ke dalam kolam juga harus diperhatikan. Soalnya kadar PH air hujan berada di bawah 7. Sebaiknya diatas kolam diberi peneduh, sehingga tidak semua air hujan masuk ke dalam kolam.

Selain itu juga harus diperhatikan jumlah tanaman air di dalam kolam. Jangan sampai terlalu berlebihan. Yang terpenting lagi adalah mengganti air kolam setap enam bulan sekali. 😀

Kandungan Oksigen

oksidasi-300x182

Kandungan Oksigen dalam air sangat penting. Soalnya ikan bernafas ngambil oksigen (-_- ya iyalah..) Untuk ikan Koi kandungan oksigen yang dibutuhkan sekitar 6mg/ltr. Kalau kadar Oksigen dalam air kurang yaa.. ikannya bisa sekarat bahkan mati.

Seperti yang udah dibahas diawal, Kandungan Oksigen erat kaitannya dnegan suhu air. Kalau suhunya nak maka kandungan oksigennya turun dan sebaliknya. Selain karena faktor suhu, adanya tanaman air juga mempengaruhi. Walaupun ketika siang tanaman bisa menghasilkan Oksigen saat fotosintesis, namun saat malam tanaman air justru menyerap Oksigen. Selain itu jumlah ikan yang terlalu banyak juga bisa mempengaruhi kadar Oksgen dalam kolam, buruknya sirkulais dan minimnya aerasi turut andil dalam berkurangnya O2 dalam air kolam.

aeratoraerator-venturi-3

Untuk menjaga kandungan Oksigen maka dibutuhkan sistem Aerasi yang baik. Yaitu sistem untuk meningkatkan kandungan Oksigen dalam air. Maka dibuuhkan Aerator.

Kandungan Garam..

Kalau yang ini terutama bergantung jenis ikannya. :p hehee kalao air laut yaa jelas harus memakai air yang kadar garamnya sesuai sama ir laut, jangan pakai air tawar :p wkwkBeda lagi dengan kolam air tawar, kolam air tawar boleh mengandung sedikit garam. Kok?. Soalnya kandungan garam bisa menetralkan zat amonia dan Nitrat.

Kadar garam yang diizinkan untuk air kolam ikan Koi adalah 0,15-0,20%. Kandngan garam yang terlalu tinggi bisa merusak tanaman air. Juga bisa mempengaruhi kerja batu Zeolit pada filter.

Ada banyak kegunaan kandungan garam di dalam air koam. Kandungan garam bisa mengurangi gesekan air dengan badan ikan sehingga ikan bisa berenang dnegan mudah. Jadi ikan bisa menghemat energinya, energi itu bisa tersimpan dan digunakan uat sistem kekebalan ikan dalam melawan penyakit.

Untuk mengukur kadar garam bisa memakai alat Salinity meter. Harganya kurnag lebih sekitar Rp 700 ribu-Rp.800 ribu

salinity meter

salinity meter

Info Source: Tabloid rumah. Internet

Pics source: Internet

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , , , , | 2 Komentar

GANDRIK!! Bikin Kolam Ikan… Gak Cuma Indah, Juga Harus Sehat :D

Kemarin waktu lagi bersihin aneka sampah saya menemukan sejenis tanaman air yang biasanya dijual eceran di pasar ikan. Berhubung semua ikan saya sudah mati dan saya pun kapok uat pelihara lagi maka ganggang itu saya berikan ke Sasori, rekan kerja saya. Kebetulan dia punya kolam ikan mini di rumahnya. Saya sendiri belum pernah melihatnya secara live bentuk kolamnya bagaimana. Tapi dia bilang kolam ikannya Cuma kolam ikan “pas-pasan” dan ala kadarnya buat nyenengin anaknya yang masih kecil. -_-

Bicara soal kolam ikan di rumah, tak bisa dipungkiri kalo keberadaannya bikin suasana menjadi semakin adem dan sejuk, apalagi jika ada sistem pengairan yang bisa dibuat seperti air gemericik. Heemm..

desain-kolam-ikan-hias-minimalis

Biarpun kecil/minimalis namun kehadiran kolam membuat suasana semakin sejuk dan alami. pics source: net

Tapi yang harus dipahami bagi kamu yang ingin membuat kolam, mmebuat kolam artinya sama dengan membuat sebuah ekosistem kecil. Ekosistemkolam adalah ekosistem di mana ikan hidup dan bergerak. Maka dari itu ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membuat kolam ikan. Mulai dari lokasi, bentuk, bahan pembuatan, hingga yang tak kalah penting adalah kesehatan kolam sendiri.Sebab jika kolam tak sehat maka ekosistem kolam bisa tergaggu dan ujung-ujungnya ikannya mati kayak ikan milik saya. :p hehee hehehee

Upaya Tetap Bersih

Kolam yang sehat bisa dilihat dari kondisi organisme yang ada, misalnya ikannya tumbuh sehat. Nah! Untuk menjaga kebersihan kolam ikan sebaiknya kolam ikan dilengkapidengan filterisasi dan sistem pipa pembuangan saluran air kotor maupun saluran air bersih.

filter kolam, dengan sistem 2 tabung

filter kolam, dengan sistem 2 tabung

Selain filter ada juga aksesori yang cukup berperan menjaga kesehatan kolam ikan, yaitu lampu UV. UV light mampu membunuh ganggang yang merugikan. Lampu UV biasanya ditenpatkan menyatu dengan filter kolam.

Banyak usaha guna menjaga kebersihan dan kesehatan kolam ikan. Ada upaya dengan menambahkan organisme ertentu ada juga yang dengan penambahan bahan kimia.

macam-jenis-tanaman-air-jenis-dan-macam-tanaman-air-tawar

Menambahkan tanaman air misalnya saja, bisa membantu menjaga air kolam tetap segar. Tapi juga harus diperhatikan, soalnya tidak smeua jenis kolam baik ditambahi tanaman air. Harus dilihat jenis ikannya. Untuk kolam ikan Koi misalnya,sebisa mungkin tidak ditambahi tanaman air yang daunnya mencapai permukaan air. Soalnya daunya bakal dilahap sama si ikan koi.

Selain itu, mengganti air secara berkala juga jadi salah satu upaya penting supaya kolam tetap sehat. Gantilah air setidaknya 6 bulan sekali. Dan juga pastikan gak ada daun, atau sampah lain yang masuk ke kolam. HORE.. plok..plok.plok

Jika kesehatan dan kebersihan kolam tidak dijaga, bukan tidak mungkin kolam ikan justru jadi kolam penampungan air yang bakal jadi sarang nyamuk. Nah loh!

Dipublikasi di kebunku | Tag , | 2 Komentar